SEO dan Webmaster

blogger templates


SEO - SEO dan Webmaster


Blog Bisnis Online - SEO dan webmaster memang dua kalimah yang memiliki hubungan sangat erat satu sama lain dan selalu menjadi topik hangat yang selalu dibicarakan dalam dunia internet. Makanya mengenal SEO lebih dalam adalah nilai plus tersendiri dalam bisnis online.



Dalam bisnis terutama di bisnis online, SEO (Search  Engine Optimization) ini sangat besar sekali peranannya. Untuk itu Blog Bisnis Online akan terus menggali informasi seputar SEO untuk membantu kepentingan bisnis online sobat saat ini.



Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang hubungan antara SEO dan webmaster. Ini sangat menarik sekali untuk membuka wawasan kita tentang dunia SEO sobat. Ok sobat online, untuk mendapatkan manfaat dari pembahasan ini, silahkan sobat lanjutkan membaca artikel ini sampai dengan selesai.


Sobat online, seperti kita tau dalam postingan sebelumnya tentang SEO, yaitu pada tahun 1997 perusahaan Search Engine baru menyadari bahwa di kalangan webmaster atau blogmaster (sebutan yang di berikan kepada seorang pengelola website ataupun blog) itu acapkali melakukan segala cara agar bisa terindeks oleh Search Engine untuk mendapatkan peringkat pada urutan paling atas dari hasil pencarian. Ya’ni dengan cara-cara yang ilegal dan manipulatif. Bermula dari sini maka terjadilah perombakan besar terhadap sistem kinerja algoritma Search Engine.


Dalam kasus ini perusahaan Search Engine pertama kali yang melakukan pembenahan pada sistem algoritma untuk mencegah tindak manipulasi dengan menggunakan meta tag yang tidak relevan dengan content adalah perusahaan Search Engine yang bernama Infoseek. Perusahaan Search Engine inilah penggagas pertamanya sobat. Hingga sampai sekarang dan terus berkembang. SEO dan Webmaster sesungguhnya memang punya hubungan yang erat satu sama lainnya. Ibarat setali tiga uang, satu dengan yang lainnya tidak bisa di pisahkan sobat.


Walau bagaimanapun juga dalam hal-hal tertentu, Search Engine ini sangat menyadari akan pentingnya sebuah nilai ekonomi yang besar di balik peringkat dari hasil pencarian. Ada kalanya mereka mempunyai kepentingan tertentu juga dari sebuah aktivitas perusahaan Search Engine. Seperti contoh, dalam event yang telah menjadi kegiatan rutin dalam komunitas SEO, maka beberapa perusahaan Search Engine akan mengirimkan duta sebagai perwakilan dari perusahaan mereka dalam event tersebut.


Perusahaan Search Engine terkemuka seperti Google dan Yahoo menyadari akan kepentingan ini. Dan merekapun memberikan fasilitas khusus kepada semua webmaster ataupun blogmaster untuk mengoptimalkan situsnya dengan memanfaatkan program dan panduan-panduan dari mereka agar mendapatkan indeks yang baik di search engine. Untuk itu manfaatkan panduan dari Google dan Yahoo agar website atau blog sobat menjadi SEO friendly. Ini penting untuk kelangsungan indeks yang akan blog sobat dapatkan di Search Engine.


Kalau Google memberikan fasilitas berupa aplikasi webmaster tools dan juga memperkenalkan sitemap XML standard. Adapun Yahoo memberikan fasilitas Program Site Explorer. Dan fasilitas-fasilitas tersebut hanya bisa di akses, jika sobat memiliki akun dari keduanya. Ya’ni akun Google dan akun Yahoo. Miliki akun kedua provider search engine raksasa ini sobat. Rugi jika sobat tidak memilikinya. Gratis untuk pendaftarannya. Bagi sobat yang belum memiliki akun Google ataupun Yahoo, silahkan sobat mendaftar sekarang juga. Sekali lagi gratis sobat.


Untuk fasilitas tersebut meliputi pendaftaran URL situs, pengecekan jumlah halaman situs yang terindeks di database mereka, link yang masuk dan masih banyak yang lainnya. Walaupun demikian, kedua perusahaan Search Engine ini dan juga perusahaan Search Engine yang lain, tidak akan pernah memberikan toleransi kepada para Webmaster ataupun Blogmaster yang melakukan SEO dengan cara yang ilegal. Mereka tidak akan segan-segan untuk memberikan penalty atau membanned para Webmaster atau Blogmaster yang melakukan tindak kecurangan dalam ber-SEO.


Ok sobat online, saya sangat senang sekali jika sobat bisa mendapatkan manfaat dari informasi seputar SEO dan Webmaster ini. Jangan bosan-bosan untuk selalu berkunjung ke Blog Bisnis Online ini untuk mendapatkan ilmu seputar bisnis online dan semua aspek yang terkait dengan bisnis online. Jangan sungkan untuk meninggalkan komentar yang bermanfaat untuk berbagi bersama sobat. Semakin sobat banyak berbagi, Insya Allah ilmu yang sobat punya akan semakin bermanfaat dan berkah. Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan kepada sobat online semua dalam postingan saya kali ini. Terima kasih dan salam sukses.

0 Response to "SEO dan Webmaster"

Post a Comment