Etika dalam SEO

blogger templates


SEO - Etika dalam SEO


Blog Bisnis Online - Etika dalam SEO perlu difahami dengan baik dan benar oleh para pemilik situs agar situsnya bisa membuat jatuh hati kesemua search engine, terutama google. Lakukanlah optimasi SEO pada situs sobat dengan menggunakan etika. Baik sobat online, setelah sobat faham tentang SEO dan webmaster, maka saatnya sobat online memahami kode etiknya biar tehnik SEO sobat lebih maksimal.



Sobat online yang berbahagia. SEO bukanlah ilmu yang begitu sobat dapatkan langsung secara instan bisa mendongkrak blog sobat menjadi yang pertama di search engine dengan keyword yang sobat sudah bidik. SEO itu butuh proses. Bukan hanya proses saja, tapi proses yang benar-benar panjang dan butuh kesabaran untuk menguasai SEO dengan baik. Jika sobat tidak mau sabar berarti sobat tidak cocok di bidang ini. Baik itu di SEO ataupun di bisnis online. Belajar untuk bisa bahkan sampai di tingkat mahir itu membutuhkan proses sobatku.


Ok sobat, jika sobat mau bersabar, silahkan sobat lanjutkan membaca topik yang saya sajikan untuk kali ini. Topik kita adalah Memahami Etika dalam SEO sobat. Bagaimanapun juga kita sebagai seorang blogger kita harus tau etika dalam ber-SEO sobatku. Jika sobat tidak tau, maka blog sobat akan terancam penalty dari pihak search engine, karena ketidak tauan sobat tersebut. Maka tau SEO itu jauh lebih baik di bandingkan jika sobat tidak tau. Semakin sobat tau tentang SEO, maka blog sobat akan semakin banyak kebanjiran traffic gratis dari search engine nantinya.


Bukan itu saja, dengan tau SEO, blog sobat akan melejit masuk dalam 10 besar di halaman pertama search engine, bahkan bisa masuk dalam peringkat pertama. Sobat mau kan seperti itu? Oleh karena itu sobat harus tekun belajar dan bersabar dalam belajar SEO. Dalam hal ini, kabar baik buat sobat adalah mendapatkan materi dan informasi secara gratis dari Blog Bisnis Online ini. Jika sobat merasa mendapatkan manfaat dari Blog Bisnis Online ini, jangan sungkan untuk memberi taukan sobat yang lain dan rajin-rajinlah berkunjung ke Blog Bisnis Online ini.


Terkait dalam postingan saya yang kemarin yaitu dalam menghadapi trik dan manipulasi SEO belakangan ini pagerank dengan algoritmanya yang sudah cukup komplekspun belum bisa sepenuhnya mencegah tindak black hat SEO ini. Dilema ini di alami oleh perusahaan search engine terkemuka seperti Google. Akhirnya di tetapkanlah beberapa undang-undang untuk mencegah tidak black hat SEO ini dari Google dan juga search engine seperti Yahoo dan yang lain. Sangsi dari search engine ini benar-benar berat bagi oknum yang melanggar ketentuan search engine dalam etika ber-SEO.


Untuk mendapatkan peringkat pertama dari hasil pencarian di search engine, para praktisi SEO dan juga para webmaster telah mengembangkan metode sistem kerja pagerank ini dalam upaya membantu klien mereka. Yang tidak mau ambil resiko dan memilih jalur aman, maka dia akan menempuh jalur yang agak panjang namun SEO friendly sesuai dengan ketentuan search engine. Namun untuk mereka yang mau cepat, maka langkah yang di ambil adalah melakukan black hat SEO. Search engine itu isinya orang-orang yang benar-benar jago dalam bidang SEO bertaraf international sobat. Maka jangan ambil resiko ini.


Perlu sobat ketahui, SEO jalur kiri atau black hat atau juga bisa di bilang tindak laku ilegal itu seperti apa sih sebetulnya? Jadi begini sobat, tindak laku ilegal dalam ber-SEO itu seperti membuat link farming, doorway pages, keyword stuffing, auto genereted pages, scraper pages dan lain-lain, ini secara resmi telah di larang sepenuhnya oleh Google dan juga search engine yang lain. Setelah sobat tau, maka hindarilah tindak laku seperti yang tersebut di atas tadi, jika sobat ingin aman dalam ber-SEO dan mau mendapatkan traffic gratis dan peringkat khusus dari search engine.


Sekali lagi, jika sobat melakukan pelanggaran dalam etika ber-SEO, maka Google dan juga search engine yang lain, tidak akan segan-segan akan menghapus semua situs sobat ataupun layanan SEO yang sobat kelola dari indeks pencarian, jika benar-benar terbukti melakukan tindak pelanggaran SEO. Menurut hemat saya, janganlah sobat ambil resiko besar seperti ini. Jika itu terjadi, maka kiamat akan melanda bisnis online sobat. Sobat ingin kan bisnisnya bertahan dalam jangka waktu yang panjang? Dari itulah pentingnya sobat mengetahui banyak tentang ilmu SEO.


Dalam hal ini Google ataupun perusahaan search engine lain bukan hanya melakukan suatu gertakan belaka. Namun dengan tindakan yang cukup tegas yang telah mereka buktikan terhadap beberapa oknum yang telah melakukan pelanggaran dalam etika ber-SEO. Sebagai contoh adalah sebuah perusahaan firma SEO yang bernama Traffic Power berikut para klien mereka di hapus dari indeks Google karena terbukti melakukan tindak ilegal dalam ber-SEO. Seperti apa yang telah di sampaikan oleh Matt Cutts dari perusahaan Google pada tahun 2005 yang lalu.


Dalam kasus yang sama juga terjadi pada tahun 2006 tepatnya di bulan Februari. Tindak ilegal ini di lakukan oleh perusahaan BMW dan Ricoh dari Jerman. Karena terbukti melakukan pelanggaran maka Google menghapus situs website kedua perusahaan ini dari indeks Google. Akhirnya Kedua perusahaan ini meminta maaf kepada Google dan melakukan pembenahan dan perbaikan pada situs mereka. Dan wal-khasil Google memberikan maafnya kepada kedua perusahaan tersebut dan mengembalikan situs mereka ke dalam dafatar indeks pencarian search engine.


Dari tindak ilegal tersebut tentu menjadikan citra yang buruk bagi kedua perusahaan tersebut sobat. Maka dengan menggunakan panduan dasar yang resmi dari search engine, tentu dalam ber-SEO kita akan selalu berada dalam legalitas selama mengikuti aturan main dan etika yang telah mereka tetapkan. Hal tersebut untuk menjamin setiap situs web agar memperoleh kesempatan yang sama dalam pencarian, dan pemeringkatan yang dilakukan secara obyektif, di mana yang paling berperan dalam menentukan peringkat suatu halaman web adalah kualitas dan manfaat yang mereka sajikan kepada para pengguna internet.


Ok sobat, semoga postingan tentang etika dalam SEO ini dapat membantu sobat dalam meningkatkan dan menambahkan khazanah yang lebih luas lagi tentang ilmu SEO dan bisnis online. Tiada hal yang membahagiakan saya terkecuali bisa berbagi dengan sobat online semua. Dan sobat online-pun juga bisa berbagi dengan sobat yang lain dengan cara meninggalkan komentar pada kolom komentar di bawah ini. Jadikan hidup sobat lebih indah dengan banyak berbagi bersama orang lain. Terima kasih sobat sudah luangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai selesai. Salam sukses sobatku.

0 Response to "Etika dalam SEO"

Post a Comment