Cara Membuat Kode QR

blogger templates


Tips Blogging - Cara Membuat Kode QR


Blog Bisnis Online - Laju perkembangan teknologi memang sudah tidak kuasa untuk dibendung lagi, disetiap lini pertumbuhannya semakin pesat saja. Salah satunya adalah telah diciptakannya sebuah kode bersandi khusus yang diberi nama barcode atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan kode batang.



Kode batang itu berisi data yang difungsikan untuk menandai produk-produk tertentu dengan sandi-sandi khusus yang hanya bisa dibaca oleh mesin pemindai (mesin scan) dengan sensor khususnya. Hal ini menjadikan kemudahan tersendiri, dengan berbekal mesin pemindai pekerjaan menjadi lebih cepat, tanpa harus mengetik ulang data tersebut.



Kode batang ini banyak dimanfaatkan oleh hampir semua super market yang tersebar diseluruh penjuru dunia untuk sandi produk dan harga. Bahkan, kode batang sekarang juga telah merambah pada dunia ponsel, terutama smartphone yang telah dilengkapi dengan mesin pemindai yang berfungsi untuk membaca data dari kode batang tersebut.



Dan perlu sobat ketahui, perkembangan dari kode batang ini sekarang sudah menjadi lebih canggih lagi. Karena versi kode batang yang sekarang telah disempurnakan lagi menjadi QR Code atau dalam istilah kita dibaca kode QR. Konon katanya, dinegara Jepang sana itu sudah bukan hal yang asing lagi dalam menggunakan kode QR ini, demikian wekipidia memberitakannya.



Bahkan katanya, kode QR ini telah mendapatkan sertifikasi standard Internasional, disamping juga telah mendapatkan sertifikasi standard pula dari dalam negeri sendiri berbentuk ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510. Sehingga di Jepang sana, kode QR ini telah tersosialisai secara massal dan dengan mudah masyarakat disana mengakses kode QR tersebut dengan menggunakan ponsel mereka.



Sebelumnya, negara Jepang memfungsikan kode QR itu sebagai alat pelacak kendaraan, dan setelah berkembang, maka kode QR ini dimanfaatkan diberbagai sektor yang telah disesuaikan berdasarkan kebutuhannya seperti untuk membaca aplikasi-aplikasi yang dikomersialkan dan lain-lain.



Di Indonesia sendiri, kode QR itu dikenalkan pertama kali oleh KOMPAS selaku media cetak Indonesia sebagai alat untuk memudahkan bagi para pembacanya. Karena dengan kode QR tersebut, maka para pembaca harian KOMPAS tidak hanya bisa membaca surat kabar secara fisik, namun mereka juga bisa mengaksesnya melalui ponsel.



Itulah kemudahan-kemudahan berbentuk fasilitas teknologi yang bisa didapatkan dengan menggunakan kode QR. Lantas apa manfaatnya untuk para blogger? Sangat banyak sekali, dengan kode QR ini, sobat sebagai seorang blogger bisa memanfaatkannya untuk data alamat blog, lalu bisa juga untuk link download, sehingga memudahkan para pengunjung blog untuk mengaksesnya melalui smartphone mereka.



Cara membuat QR Code sangatlah mudah, karena sobat bisa menggunakan software generatornya. Kabar baiknya, software ini cukup banyak dan bisa sobat gunakan secara gratis tidak berbayar. Beberapa software generator QR Code-nya adalah, QR Code Generator 1, QR Code Generator 2, QR Code Generator 3 dan QR Code Generator 4.



Saya akan contohkan cara menggunakan salah satu dari software tersebut untuk membuat kode QR untuk blog bisnis online ini, perhatikan caranya.



Yang pertama, silahkan sobat kunjungi situs software generatornya disini.



Berikutnya, silahkan sobat perhatikan type kode QR disitu, karena disini kita akan membuat kode QR untuk alamat blog, maka plihlah type QR Code untuk "URL" silahkan sobat klik tombol URL-nya, lalu masukkan alamat blog sobat secara lengkap dengan menggunakan "http", dan terakhir silahkan sobat klik tombol save seperti gambar berikut ini, perhatikan gambar...


Tips Blogging - Cara Membuat Kode QR-1


Setelah itu otomatis akan ada pesan pop up, silahkan sobat plih format file-nya, pilih saja format PNG, lalu buat nama filenya dalam kolom tersebut, misalkan blogku.png dan silahkan sobat klik tombol save seperti contoh gambar berikut, silahkan sobat perhatikan lagi gambarnya dibawah ini...


Tips Blogging - Cara Membuat Kode QR-2


Dengan mengklik tombol save, berarti sobat sobat telah mendownload QR Code tersebut dan secara otomatis telah tersimpan filenya kedalam PC atau laptop sobat. Perhatikan gambar berikut...


Tips Blogging - Cara Membuat Kode QR-3


Maka selesai sudah untuk tutorial QR COde kita kali ini, silahkan lihat hasil QR Code yang telah sobat buat, contohnya seperti QR Code untuk blog bisnis online ini. Lihat gambar berikut...


Tips Blogging - Cara Membuat Kode QR-4


Al-hamdulillah akhirnya rampung juga cara membuat kode QR untuk blog kita masing-masing, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk sobat online semua, terima kasih.

0 Response to "Cara Membuat Kode QR"

Post a Comment