Membedah Potensi Usaha Grosir

blogger templates
 
Belajar Bisnis - Membedah Potensi Usaha Grosir
 
Blog Bisnis Online - Untuk membedah potensi usaha grosir tentu terlebih dahulu kita harus mengenal dulu apa yang dinamakan usaha grosir itu. Usaha grosir adalah sebuah usaha berupa penjualan barang kepada para pengecer.



Yang disebut pengecer itu siapa saja? Yang dikategorikan pengecer itu banyak, seperti para pengguna bisnis industri, bisnis komersial, para profesional bisnis dan lain-lain. Intinya semua yang mendistribusikan barang atau produk melalui grosir.



Mengenal Usaha Grosir Lebih Dekat

Seperti kita ketahui bahwa kegemaran masyarakat Indonesia dalam berbelanja untuk kebutuhan mereka itu akan lebih memilih berbelanja kegrosiran daripada pengecer. Kenapa demikian? Karena selain lebih murah harganya, digrosir tentu banyak pilihan item belanja.



Usaha grosir saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja, akan tetapi telah merambah kepasar online. Perusahan-perusahaan online yang telah mapan banyak membuka kesempatan kepada para penggrosir untuk memasarkan produk mereka, baik secara konvensional (offline) maupun secara online.



Usaha grosir bisa dibilang juga sabagai usaha pendistribusian barang atau produk yang menyediakan berbagai jenis barang yang akan didistribusikan secara mata rantai oleh para pengecernya, yang nantinya akan dijual lagi secara eceran kepada para konsumen mereka. Biasanya pembelian secara grosir itu dilakukan dalam jumlah banyak oleh para agen.



Produk atau barang yang didistribusikan biasanya itu berupa sandang ataupun pangan, bisa juga berupa produk-produk tertentu. Dalam hal ini para agen menjadi penjembatan antara produsen atau pengusaha grosir kepada para konsumen.



Dengan potensi usaha grosir yang begitu prospektif itu menarik dan menjadi pusat perhatian tersendiri dimata para pengembang bisnis. Seperti dikota-kota besar, selalu ada lokasi khusus yang digunakan oleh para pengembang bisnis dalam membuat jaringan bisnis berupa usaha grosiran.



Contohnya seperti di Jakarta. Di Jakarta terdapat banyak pengusaha grosir yang menempati lokasi khusus seperti di Pasar Tanah Abang, ITC Cempaka Mas, ITC Mangga 2, ITC Roxy Mas, ITC Kuningan, Pusat Grosir Cililitan, Pusat Grosir Jatinegara dan lain-lain.



Potensi Usaha Grosir

Seperti apa potensi usaha grosir? Potensi usaha grosir itu sangat besar dan bahkan tidak terbatas, tergantung bagaimana sistem dalam pengelolaan usaha grosir tersebut. Jika dikelola dengan manajemen yang solid tentu bisa berkembang bagus dan tidak menutup kemungkinan akan menjelma menjadi sebuah perusahaan korporat yang bisa go Internasional.



Kita ambil contoh yang paling mudah dan sudah terkenal di Jakarta, yaitu dipasar Tanah Abang saja misalkan, jika sobat menghendaki usaha grosiran dalam bentuk sandang. Beragam grosir sandang disana itu tersedia lengkap, mulai dari partai kecil sampai skala besar, dengan produk-produk yang berkualitas tentunya.



Contoh lain selain pasar Tanah Abang untuk wilayah jakarta misalkan Pusat Grosir jatinegara. Disana juga terbilang lengkap, mulai dari mainan, pakaian, celana, batik dan lain-lain semuanya ada pula disana. Ini adalah kesempatan besar, jika sobat memiliki cukup modal untuk membuka usaha ini.



Selain sobat bisa mendapatkan barang untuk keperluan sobat sendiri atau sobat jual lagi, sobat juga bisa menyewa lahan disana untuk membuka usaha grosir, jika sobat sudah mendapatkan produk yang berkualitas dan kompetitif dari produsen yang sobat kenal.



Pusat grosir Jatinegara merupakan lahan usaha grosir yang cukup terkenal selain Tanah Abang. Jika kebetulan sobat dekat atau berada disekitar wilayah Bekasi, Depok, Tangerang dan sekitarnya, sobat bisa melakukan survey untuk membuka usaha grosir disana.



Peluang dan potensi usaha grosir itu cukup besar, akan tetapi modalnya juga tidak kecil. Namun sekali lagi bagi sobat yang memiliki cukup modal untuk membuka usaha grosir. Bagi sobat yang belum memiliki modal yang cukup, tentu bisa menjadi pengecernya terlebih dahulu.



Setelah cukup modal, silahkan sobat beralih menjadi pengusaha grosiran. Semuanya selalu ada solusi disetiap peluang yang ada, asal sobat mau menyiasati dan mencari solusinya dengan baik dan benar. Dengan menjadi pengecer, secara bertahap sobatpun nantinya bisa menjadi pengusaha grosir, asal mau ulet dan fokus solusi.



Ditahun 2018 ini perkembangan usaha grosir telah mencapai titik-titik market yang cukup luas, ini adalah potensi usaha grosir yang terus menggeliat ditengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih. Jika sobat bisa menggabungkan konsep market dengan sistem konvensional dan teknologi, maka tidak menutup kemungkinan sobat bisa menuai sukses besar dalam usaha ini.



Baik, kita sudah membedah potensi usaha grosir ditahap pertama dalam kesempatan ini, Insya Allah dilain waktu kita akan lanjutkan pembedahan kita seputar usaha grosir ini. Terima kasih atas kunjungan sobat online dan semoga kesuksesan selalu menyertai disetiap langkah sobat dalam berbisnis, sampai nanti...

0 Response to "Membedah Potensi Usaha Grosir"

Post a Comment