Trend Bisnis Tahun 2016

blogger templates
 
Trend Bisnis - Trend Bisnis Tahun 2011
 
Blog Bisnis Online - Trend bisnis tahun 2016 berdasarkan statistik data hasil survey dari badan pengamat ekonomi independent dalam melakukan analisa, yang akan menjadikan trend bisnis di tahun 2016 ini adalah terdiri dari beberapa bagian yang akan menambahkan khazanah informasi bisnis kepada sobat sekalian di penghujung tahun 2015 ini. Inilah topik kita kali ini setelah sebelumnya membahas tentang "Peluang Usaha Bisnis Online."



Sobat perlu siapkan segala sesuatunya untuk menyambut trend bisnis 2011 nanti agar semuanya bisa terantisipasi dan bisnis sobat tetap maju dan bertumbuh menjadi bisnis yang terus membesar. Dengan info bisnis ini tentu sobat bisa meminimalkan resiko dan memaksimalkan bisnis sobat dengan celah-celah yang sobat telah prediksi sebelumnya berdasarkan info ini.



Berdasarkan survey, di tahun 2016 nanti perekonomian negri tercinta Indonesia ini kira-kira akan mengalami peningkatan sampai 6.3 persen dengan inflasi kurang lebih 4.5 persen. Dan di perkirakan harga BBM menjadi 100 sampai 120 dollar per barrel.



Ini semua tentu dengan catatan selalu memantau kegiatan perang kurs antara China dan Amerika Serikat yang menjadi berita terhangat di tahun 2015 dan akan terus berlanjut di tahun 2016 mendatang. Serta  pengaruh dari perang yang terjadi di Semenanjung Korea. Dari pergolakan yang terjadi ini sudah barang tentu akan menjadikan lambatnya pemulihan krisis global.



Yang perlu menjadi perhatian dan antisipasi khusus adalah perencanaan pembatasan terhadap subsidi BBM yang akan berlangsung di awal tahun 2016 ini. Sudah jelas ini akan besar pengaruhnya terhadap bisnis-bisnis yang terkait dengan hal tersebut. Seperti contoh bisnis transportasi, distribusi dan juga bisnis konsumsi.



Di perkirakan nanti di tahun 2016 ekonomi Indonesia akan bertopang pada konsumsi yang bersifat domestic, dengan pangsa pasar lokal yang masih termasuk aman, meskipun akan mengalami penekanan-penekanan pada 3 bulan pertama di tahun 2016 nanti.



Dan 3 bulan pertama ini tentu menjadikan periode yang cukup berat bagi perekonomian Indonesia. Di tambah lagi ekonomi global yang tidak stabil, terbatasnya subsidi BBM, dan juga seretnya pengalokasian perbelanjaan dari pihak kepemerintahan. Di lain pihak, pemerintah akan semakin tegas dalam upaya penegakan hukum perdagangan, industri dan perpajakan.



Di tahun 2016 nanti, trend dalam pemasaran masih mengkombinasikan system kekuatan channel pendistribusian. Di mana barang siapa yang memiliki akses channel distribusi yang paling baik, maka dialah yang akan mendapat peluang terbesar untuk menang di tengah persaingan yang cukup ketat.



Kunci atau strategi dalam memenangkan persaingan trend pemasaran di tahun 2016 nanti adalah marchant yang mengutamakan pelayanan terhadap customernya. Di mana customer ini memegang peranan yang cukup besar terhadap pasar, mengingat customer itu semakin well informed  dengan adanya pilihan-pilihan dan di dukung pula dengan semakin merendahnya  switching cost.



Sobat blog belajar bisnis internet, yang mendominasi system pelayanan terhadap customer nanti adalah sytem yang sudah terotomatisasi berbasis sewa, seperti software as a service atau lebih populer dengan SAAS yang saat ini di miliki oleh autotask, sugarcrm, saleforce dan lain-lain. Dari prediksi, terkait dengan hal ini maka akan banyak muncul para pemain lokal.



Jenis promosi lewat jejaring sosial seperti facebook dan twitter akan semakin populer di tahun 2016 nanti. Kegiatan bisnis internet pun akan semakin ramai. SEO akan semakin semarak, Google, Yahoo, MSN akan semakin cemerlang. Ini adalah peluang yang sangat besar bagi para pelaku bisnis online di internet. Untuk itu, sobat perlu mempersiapkannya sedari sekarang dalam menyambut bisnis global yang akan semakin booming dengan jaringan internet.



Dalam menggali potensi pasar dan penggalangan loyalitas customer, Comunity based marketing akan semakin kuat. Adapun perindustrian kendaraan bermotor, maka matic akan semakin mendominasi dan akan terus melibas pasar bebek. Di perkirakan potensi penjualan matic akan mencapai 50 persen dari penjualan kendaraan bermotor secara keseluruhan.



Berdasarkan prediksi, para pemain besar akan melauncingkan produknya di 3 bulan pertama pada tahun 2016 nanti. Di sektor industri berbasis komputer, maka laptop akan lebih mendominasi dari pada Personal Computer dengan 80:20 dalam study perbandingan rasio. Sedangkan penjualan netbook akan terlibas oleh iPad dan juga produk-produk sejenisnya. Terutama jenis iPad yang menggunakan Android Aplication.



Bisnis franchise-pun akan semakin berkembang luas seperti Mc Donald, KFC, Starbucks dan lain-lain. Terutama franchise lokal, seperti Alfamart, Indomaret, bakso lapangan tembak dan sebagainya. Di bidang ini pemain lokal akan semakin banyak yang sukses dan untuk produk franchise ini masih di dominasi oleh jenis franchise makanan dan minuman.



Sedangkan di sektor kuliner, bisnis ini akan semakin menguat dengan system-system yang telah terkonsep dengan system modernisasi di seluruh aspeknya. Computer Aplication akan mewarnai mayoritas perkantoran dengan spesifikasi web based, multiplatform, mobile, serta berbasis sewa software as a service terutama di bagian finance.



Dengan trend bisnis ini maka di tahun 2016 nanti para pemain besar dunia akan menurunkan harga produknya untuk bisa masuk di pasar Usaha Kecil Menengah di sela-sela perkembangan bisnis Internet Indonesia yang terus berkembang. Tentu after sales masih menjadi kunci utamanya.



Bisnis industri kreatif akan berkembang dengan pesat dan di prediksi akan menembus pasar internasional. Jakarta, Bandung dan Jogja akan menjadi leader untuk memberikan hasil dari start-up di bisnis industri kreatif ini.



Para mahasiswa Indonesia-pun ikut memberikan warna di trend bisnis 2016 ini. Di mana mahasiswa  menjadi wirausaha akan semakin meningkat. Dan trend yang kan terjadi adalah mahasiswa lulus dengan predikat wirausahawan lebih populer daripada mahasiswa yang lulus dengan IPK tinggi.



Ini semua adalah sebatas prediksi berdasarkan analisa di tahun 2015 dan bukanlah menjadi sesuatu yang mutlak. Tetap semuanya ada Sang Penggerak, yaitu Dzat Yang Maha Kuasa. Dia-lah yang akan menggerakkan kehidupan demi kehidupan sampai akhir dunia nanti. Tuhan punya kuasa, dan manusia di wajibkan untuk senantiasa berdo’a dan berusaha. Sekali lagi, trend ini akan segera menyambut kita sobat.



Berikutnya kita tinggal persiapkan segala sesuatunya untuk menuju kesuksesan kita masing-masing. Jangan Cuma melihat trend saja, tapi jadilah otobiografi dalam trend tersebut. Lakukan sekarang juga sebelum sobat terlambat dan menuai penyesalan kelak di kemudian hari. Sampai nanti dipostingan berikutnya. Terima kasih dan salam sukses, demikian topik kita seputar trend bisnis tahun 2016.

2 Responses to "Trend Bisnis Tahun 2016"

  1. Baca juga : Spesifikasi dan Daftar harga handphone http://updatetekno1.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. itu gambarnya kok tahun 2011, bukannya tahun 2016,,

    ReplyDelete