Belajar SEO Gratis

blogger templates


SEO - Belajar SEO Gratis




Blog Bisnis Online - Belajar SEO Gratis itu sangat menyenangkan, karena yang namanya gratisan itu selalu bersahabat dengan isi kantong, betul tidak sobat? Hehehe... Boleh pakai yang gratis, tapi jangan sampai keterusan sehingga tidak mau menggunakan yang berbayar. Bisa bahaya sob. Bahayanya dimana coba? Hehehe... Jika sobat terus-terusan pakai yang gratisan alias tidak mau modal, mungkin sobat bisa untuk tumbuh dan berkembang, akan tetapi biasanya akan cukup lama, karena yang gratis-gratis biasanya akan banyak memakan waktu. Semua ada plus minusnya sobat.


Baik sobat online, saya akan langsung masuk ketopik pembahasan kita pada kesempatan kali ini, yaitu berkaitan dengan belajar SEO gratis setelah kita belajar tentang "SEO Pagerank." Mungkin sobat bertanya-tanya dalam hati, “apa itu SEO gratis?” Ok sobat online, dengan senang hati saya akan jelaskan kepada sobat online semua, terutama untuk yang masih pemula.


Sedikit pengulangan dari topik kita yang kemarin yaitu membahas tentang SEO. SEO adalah kepanjangan dari "Search Engine Optimization." Yaitu suatu kegiatan optimasi pada blog untuk mendapatkan traffic sebanyak-banyaknya dan gratis dari search engine atau mesin pencari.


Dalam hal ini saya akan membahas tentang Off-page Optimization. Sobat sudah tau kan apa itu Off-page Optization. Jika sobat masih belum faham juga, silahkan untuk membaca artikel saya sebelumnya dengan judul "Pendalaman SEO."


Secara singkat, yang namanya Off-Page Optimization adalah suatu kegiatan optimasi di luar blog, untuk mempopulerkan blog. Tentu ini berkaitan dengan backlink sobat. Bagaimana caranya supaya sobat bisa mendapatkan banyak backlink yang berkualitas dari luar sana untuk mempopulerkan blog sobat! Sehingga blog sobat di nilai penting oleh search engine.


SEO gratis, itu perlu perjuangan yang sungguh-sungguh sobat. Tidak hanya sekedar teori melainkan dengan praktek yang berulang-ulang dan tingkat fokus yang tinggi. Banyak kasus di luaran sana, orang mencari backlink untuk Off-page SEO namun asal. Dia pikir kalau sudah mendapat backlink itu akan berpengaruh terhadap blognya! Hmm...ntar dulu sobat. Tidak semuanya seperti itu sobatku. Semua itu ada ilmunya. Melakukan sesuatu tanpa menggunakan ilmu, maka kesia-siaan yang akan di dapat. Betul sobat?


Kita memang butuh backlink untuk blog kita sobat. Namun tidak harus membabi buta kan!  Sekarang buat apa banyak backlink kalau itu kurang membawa efek dalam peningkatan popularitas blog kita sobat. Salah satunya adalah penempatan backlink yang salah. Ini tidak akan membawa pengaruh apa-apa terhadap pengoptimalan SEO pada blog kita sobat.


Jika sobat inginkan SEO ingin bekerja secara gratis dan bisa mempopulerkan blog sobat di luaran sana, maka sobat harus bisa mencari backlink yang tepat dan membawa dampak positif terhadap blog sobat di mata search engine. Backlink yang tepat itu seperti apa ya? Baik sobat, saya akan jelaskan semaksimal mungkin agar sobat bisa memahamnya dengan baik.


Backlink yang tepat adalah:
1. Backlink dari blog yang setopik dengan blog yang sobat miliki. Banyak kasus kesalahan yang terjadi dalam mencari backlink yang tepat. Ini biasanya terjadi di Link exchange atau pertukaran link atau link dari dua arah. Dalam hal ini meliputi semua backlink, baik yang satu arah ataupun dua arah sobat. Namun yang besar pengaruhnya terhadap Optimasi Off-Page blog sobat adalah backlink yang satu arah.


Contoh, jika blog sobat bertopikkan tentang olahraga, maka akan lebih baik jika sobat bisa mendapatkan backlink dari blog yang bertopik olahraga juga. Jangan yang bertopik games sobat. Ini nanti tidak akan nyambung. Minimal yang mirip-miriplah sobat. Jika sobat blognya bortopik olahraga, bolehlah sobat mencari backlink dari blog yang bertopik tentang kesehatan. 


Ini kan masih agak nyambung sobat. Antara olahraga dan kesehatan  itu kan ada keterkaitan. Olahraga itu termasuk kegiatan untuk menjaga kebugaran atau kesehatan. Sedangkan Kesehatan itu termasuk salah satu dampak yang di peroleh dari kegiatan berolah-raga. Ini yang saya maqsudkan dengan kemiripan topik sobat. Cara untuk pencarian pada blog yang setopik adalah dengan mengetikkan kata kunci tersebut di search engine, misalkan “olahraga” tanpa tanda petik.


2. Di samping setopik, sobat juga harus memilih blog yang memiliki pagerank di atas blog sobat. Jika blog sobat masih di bawah pagerank 3, maka usahakan sobat mencari backlink dari blog yang berpagerank 3 ke atas. Jika blog sobat pageranknya 3, maka mencari yang di atasnya lagi, begitu seterusnya sobat.


Kalau bisa penempatan backlink juga harus di halaman yang memiliki pagerank tinggi sobat. Karena biarpun sebuah blog itu halaman utamanya memiliki pagerank 3 katakanlah seperti itu, belum tentu halaman yang lain juga memiliki pagerank yang sama sobat. Biasanya sih masing-masing halaman pageranknya akan berbeda. Karena jika blog sobat backlinknya di taruh di halaman yang berpagerank 0, maka itu tidak akan menjadikan blog sobat penting di mata search engine.


3. Jangan menaruh baclink di antara sekian banyak link pertemanan atau link exchange sobat. Kalau bisa yang kurang dari 50 link exchange. Rumusnya adalah nilai pagerank dalam halaman tersebut akan di bagi sama rata dengan seluruh link exchange yang ada. Ini akan menjadikan nilainya semakin mengecil jika link exchange tersebut terlalu banyak.


Lebih baik berpartner dengan blog yang berpagerank 1, tapi sedikit link exchangnya. Dari pada blog yang berpagerank 3 tapi memiliki link exchange lebih dari 50, apalagi sampai ratusan sobat, hehe... Itu jika sobat ingin mencari backlink yang berkualitas dan bisa mendongkrak popularitas blog sobat. Namun jika sobat punya pertimbangan lain ya nggak papa. Misalnya, untuk persahabatan dan lain-lain. Tapi ini sekali lagi, tidak akan bisa mendongkrak popularitas blog sobat, terkecuali tadi yang telah saya sebutkan.


4. Pergunakanlah anchor text di setiap penempatan backlink. Sobat online faham yang di namakan anchor text itu apa? Anchor text adalah text yang memuat sebuah link. Contoh, blog bisnis online. Ini adalah anchor text link yang mengarah pada blog saya ini. Ini memuat kata kunci yang saya bidik dalam blog ini yang link aslinya adalah http://www.blogbisnisonline.net.


Dulu sebelum blog ini saya rombak menjadi blog berbasis bisnis, saya seringkali menggunakan nama dalam setiap anchor text yang menjadi backlink pada blog ini. Maklum sobat, namanya juga masih cupu alias culun punya, hehehe... Mungkin saat ini sobat masih seperti saya dulu mungkin? Nggak papa sobat, untuk bisa kan memang harus di mulai dari nggak bisa dulu. Dari belajar dan praktek, Insya Allah sobat akan menjadi bisa. Mahir itu di mulai dari cupu dulu sobat. Kalau tau-tau mahir tanpa proses, malah aneh jadinya. Ya nggak sobat? Hehehe...


5. Baclink dari blog do follow. Akan sangat baik sekali jika sobat mendapatkan backlink dari blog yang sifatnya sudah do follow. Cara untuk mencari blog do follow sobat bisa pergi lagi ke Google dengan mengetikkan kata kunci “daftar blog do follow.” Insya Allah Google akan menunjukkan daftarnya.


Sobat online saya faham perasaan sobat saat ini. Untuk menerapkan strategi SEO Gratis atau backlink yang berkualitas memang terasa sulit. Namun ini akan menjadi baik buat peningkatan blog sobat. Lebih baik sobat memiliki puluhan backlink saja namun berkualitas seperti kriteria di atas, dari pada ribuan backlink namun tidak berkualitas sama sekali. Ini adalah kekuatan dasar jangka panjang untuk kategori Off-Page SEO sobat. Lambat namun pasti.


Itulah ke 5 cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas sobat. Sobat bisa menerapkannya pada blog sobat sekarang. Ingat sobat! Belajar SEO itu kuncinya harus sabar, nggak boleh buru-buru. Jika buru-buru bukannya baik hasilnya, biasanya malah justru sebaliknya yang di dapat. Contoh, blog yang masih baru katakanlah 1 bulan misalnya. Tau-tau sudah memiliki pagerank 1. Ini akan menjadikan kecurigaan Search Engine sobat.


Dalam hal ini Google yang biasanya cukup ketat dalam penyeleksian sobat. Karena Google sebagai pelopor search engine yang banyak mendatangkan traffik gratis ke blog kita sampai 80 persen. Blog Bisnis Online ini memiliki pagerank 1 itu setelah merangkak selama 1 tahun dengan optimasi yang lumayan juga sobat. Walaupun sebelumnya blog ini tidak memiliki topik yang fokus. Karena sebelum jadi Blog Bisnis Online, topiknya di blog ini macam-macam sobat. Pokoknya komplit dweh! Komplit yang tak pernah komplit dan jauh dari kata sempurna maksudnya sobat, hehehe....


Akhirnya setelah saya banyak belajar dan mulai praktek, maka blog inilah yang menjadi target pertama saya dalam menguji ilmu SEO saya. Content yang lama saya hapus semua kecuali yang bertopik bisnis, hehehe... Namanya juga usaha sobat! Jangan di ketawain dong, hehehe... Tapi nggak papa kok sobat, ketawa itu kan bisa menjadikan kita bisa lebih fresh. Silahkan sobat ketawa, saya ikhlash dalam penderitaan saya, hehe... :P


Kembali ke topik, jika blog sobat masih baru dan tau-tau sudah memiliki pagerank yang tinggi, maka Google akan mengadakan riset khusus pada blog sobat, Dan dalam rangka riset ini Google akan memasukkan blog sobat pada daftar Sand Box atau penjara ala Google. Karena Google mengindikasi blog sobat telah melakukan sebuah kecurangan.



Dan jika benar-benar terbukti blog sobat melakukan spam sana-sini dalam mendapatkan backlink, maka Google bukan saja akan menarik traffic yang di sudah di berikan secar gratis pada blog sobat saja, tapi lebih dari itu, Google akan memberikan kartu merah atau penalti alias membanned blog sobat dalam index Google selama-lamanya.


Serem ya sobat, hehe... Makanya sobat tidak usah buru-buru dengan melakukan optimasi blog. Pelan tapi pasti. Sesuai dengan nalar dan rasio. Jangan ambil jalan pintas yang akan berakibat fatal untuk kelangsungan blog sobat dalam jangka panjang.


Baik sobat, ini saja postingan blog belajar bisnis internet kali ini, semoga membawa manfaat untuk kita semua, khususnya sobat sendiri, yang telah membaca artikel SEO ini sampai dengan selesai. Ok sobat, terima kasih dan salam sukses.

0 Response to "Belajar SEO Gratis"

Post a Comment