Pendalaman SEO

blogger templates


SEO - Pendalaman SEO


Blog Bisnis Online - Pendalaman SEO itu sangat penting fungsinya untuk membangun blog agar selalu dicintai search engine (mesin pencari). Topik ini memiliki mata rantai yang cukup kuat dengan topik pendahulunya yang berjudul "Optimasi Blog dengan SEO." Pastikan sobat online membaca, memahami dan mempraktekkan isi dari artikel ini nantinya.



Sobat online yang berbahagia. Seperti janji saya, maka kali ini saya akan melanjutkan postingan yang terpenggal kemarin berkaitan dengan SEO atau "Search Engine Optimization." Menguasai SEO itu sangatlah penting sobat. Karena dengan sobat menguasai dan bisa menaklukan ilmu SEO ini, maka sobat akan banyak dibantu oleh para robot search engine dalam rangka mendatangkan trafik gratis ke blog sobat. Inilah pendalaman tentang SEO yang akan kita pelajari kali ini sobatku.



Seperti dalam artikel kemarin saya katakan bahwa SEO ini akan bekerja 1 x 24 jam untuk bisnis online sobat tanpa meminta imbalan apa-apa. Duh... baik sekali ya robot search engine itu? Hehehe... Untuk itu makanya sobat harus berbaik pula dengan search engine dengan memberikan apa yang di mau oleh search engine tersebut. Apa sih sebetulnya yang dimau oleh search engine? Baik, nanti saya akan kasih tahu, sekarang silahkan sobat lanjutkan membacanya terlebih dahulu ya.



Sobat bisa bayangkan jika blog sobat ramai oleh pengunjung, udah gitu sobat pandai mengolahnya dalam bisnis online. Yaitu merubah pengunjung menjadi pembeli diblog sobat. Niscaya sobat akan benar-benar menjadi pebisnis online yang sukses dan kaya raya di Indonesia ini, Insya Allah. Sobat ingin seperti itu kan?



Itu sisi positifnya sobat. Kabar buruknya jika sobat sebagai pebisnis online kurang mau untuk bersabar dalam menerapkan SEO, mungkin lebih baik sobat jangan mengambil jalur ini. Jalur ini di butuhkan kesabaran yang benar-benar totalitas. Seperti blog ini, blog yang baru mulai merayap di penghujung tahun 2010 ini sobat. Tidak masalah merayap yang penting pasti ya sobat, hehehe... Cool gitu loh!



Sobat blog belajar bisnis internet perlu ketahui bahwa ilmu SEO itu tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan, juga tidak sesulit melakukan pendakian di gunung fujiyama. Waduh, jadi kemana-mana nih sobat, hehehe... Ok sobat, kita akan luruskan lagi topik kita kali ini. Jadi untuk bisa mnguasai ilmu SEO, sobat perlu kerja keras secara konsistent dan dengan full kesabaran.



Karena SEO ini memang tidak bisa kita kuasai hanya dalam tempo sehari dan semalam saja sobat. Tapi berhari-hari, berminggu-munggu, berbulan-bulan, atau bahkan sampai bertahun-tahun sobat. Semua tergantung bagaimana sobat belajarnya. Biarpun seperti itu, sobat tidak boleh pesimis ya. Masa seorang pebisnis pesimis sih? Saya yaqin sobat tidak demikian.



Sebagai imbalan kerja keras sobat dalam belajar SEO, maka setelah sobat berhasil nanti, sebagai gantinya adalah search engine seperti Google, Yahoo, MSN dan lain-lain ini yang akan bekerja untuk sobat 1 x 24 jam dalam menjaring pengunjung yang akan menjadi konsumen dalam bisnis online sobat. Impas kan sobat? Maka bersabar dengan kerja keras serta konsistensi yang tinggi dalam belajar SEO itu adalah solusi yang terbaik buat sobat online.



Tenang saja sobat, di Indonesia ini sudah banyak mereka yang menerapkan strategi SEO ini dan terbukti sukses, kita tinggal mengikuti jejak mereka saja.



Mengenal Search Engine

Apa sih Search Engine itu? Dalam bahasa yang paling mudah untuk di cerna, search engine itu adalah sebuah website yang di gunakan banyak orang di internet untuk mencari sebuah informasi. Dalam hal ini saya contohkan Google. Google adalah sebuah mesin pencari yang memberikan fasilitas kepada semua orang di internet untuk keperluan sebuah informasi. Dengan mengetikkan kata kunci di Google, maka si pencari informasi ini akan mendapatkan banyak informasi secara lengkap berkaitan kata kuncinya tersebut.



Saya yaqin sobat online sering mencari informasi di Google kan? Oh ada yang belum ya! Ok, kalau sobat belum pernah, silahkan sobat pergi ke Google, coba sobat ketikkan di kolom pencarian Google sebuah informasi yang ingin sobat dapatkan, terserah sobat. Apapun itu. Nanti Google akan memberikan informasi banyak sekali. Itulah hebatnya Google sobat.



Sobat semakin faham kan sekarang, Search Engine itu makhluq seperti apa, hehe... Jika kita amati lebih jauh, pengguna Search Engine di Indonesia ini lebih banyak yang menggunakan Google dengan alamat (google.co.id) dan Yahoo dengan alamat (id.yahoo.com).



Untuk pebisnis online di pasar lokal maka dia akan lebih banyak menggunakan Search Engine ini. Sedangkan untuk pebisnis online yang mentarget pasar global, maka dia akan mentarget Search Engine secara global juga. Itulah yang di namakan Search Engine dan seperti itu pula kinerja Search Engine sobat.



Manfaat dan Sistem Kerja Search Engine

“SEO itu adalah suatu kegiatan dalam upaya untuk mendatangkan trafik atau pengunjung sebanyak-banyaknya ke blog kita dari sang mesin pencari atau lebih populer dengan nama Search Engine.” Seperti apa yang kita bahas kemarin sobat.



Dan sebuah blog akan menduduki peringkat tinggi dihasil pencarian, jika dinilai optimal oleh Search engine. Untuk itulah sobat perlu untuk mengoptimisasi blog sobat agar optimal di mata Search Engine. Jika blog sobat optimal di mata Search Engine, maka blog sobat akan menang di antara kompetitor yang lain dan  blog sobat akan merajai serta nangkring di posisi teratas Google dalam kata kunci yang telah sobat tentukan.



Sobat taukan, bukan cuma ratusan, tapi berjuta orang mencari informasi di Google. Misalkan blog sobat selalu muncul ketika orang memasukkan setiap kata kunci. Kata kunci satu di masukkan, blog sobat muncul di situ. Kata kunci kedua di masukkan, blog sobat juga masih ada di situ dan seterusnya, orang tersebut berkunjung ke blog sobat kan! Ini artinya Google telah bekerja secara otomatis kepada sobat 1 x 24 jam. Kabar baiknya, Google tidak pernah minta gaji kepada sobat.



Jika sobat ingin seperti itu, marilah sama-sama kita belajar SEO dengan sungguh-sungguh dan penuh kesabaran sobat. Itu adalah sebagai modal besar untuk kesuksesan sobat dalam belajar SEO.



Membangun On-Page Search Engine

Untuk membangun blog sobat agar bisa di cintai Search Engine, yang harus sobat lakukan adalah membuat design blog bukan cuma indah di mata manusia, tapi harus indah pula di mata Search Engine. Indah di mata manusia mungkin sobat sudah tau ya. Lha indah di mata Search Engine ini beda sobat. Sobat harus mendesign blog sobat secara Internal biar menjadi SEO friendly. Design blog seperti ini akan di cintai oleh Search Engine, karena memang model designnya cukup bersahabat dengan mereka.



Design yang indah nan cantik mempesona di mata Search Engine itu meliputi menu yang baik, minimal harus ada satu link untuk setiap halaman yang sobat buat. Blog sobat juga harus memiliki kecepatan loading yang bagus. Blog sobat juga harus memiliki nilai konsistensi dalam membuat topik, yaitu sesuai antara judul, content, kata kunci dan deskripsinya.



Bagi sobat yang sudah menguasai tehnik ini, tentu ini adalah hal yang cukup mudah. Namun untuk kapasitas sobat yang masih pemula, mungkin ini termasuk sulit. Namun jika sobat terus melakukannya berulang-ulang, Insya Allah nanti akan bisa menyesuaikannya juga. Kegiatan yang pertama ini biasa populer di jagat per-SEO-an dengan nama On-Page SEO atau suatu kegiatan optimisasi di halaman blog secara internal.



Membangun Off-Page Search Engine

Berikutnya adalah kegiatan blog secara external atau di luar blog atau juga biasa di sebut Off-Page SEO. Dalam kegiatan ini sobat harus bisa membuat blog sobat benar-benar menjadi blog idola yang di bicarakan banyak orang di luaran sana, sehingga Search Engine akan menilai kalau blog sobat ini bukanlah blog sembarangan atau lebuh pasnya adalah blog yang penting di mata mereka.



Nah, apabila blog sobat sudah memenuhi dua kriteria di atas, maka Search Engine akan menaikkan posisi blog sobat dihasil pencarian yang dilakukan orang ketika berada di Search Engine dengan mengetikkan kata kunci yang telah sobat buat sebelumnya dalam blog sobat.



Ada 2 Cara Membangun Off-Page Search Engine

Sobat sudah faham kan! Yang namanya membangun off-Page Search Engine adalah kegiatan diluar blog sobat, namun masih terkait dengan blog sobat. Baik itu yang sobat lakukan sendiri ataupun orang lain yang melakukannya dengan dampak terjadinya popularitas blog sobat di luaran sana. Adapun Off-Page SEO ini ada 2 kriteria sobat.



Yang pertama, sobat sendiri yang berbicara tentang blog sobat dengan target SEO diblog lain. Seperti contoh, sobat promosi blog sobat diiklan baris, mendaftarkannya diwebsite directory dan meninggalkan jejak berupa link yang mengarah ke blog sobat.



Yang kedua adalah pihak lain yang dengan tulus ikhlash berbicara tentang blog sobat, karena memang blog sobat dinilai bagus oleh mereka dan mereka merasa senang karenanya. Dan tidak lupa pihak lain itu memasang link di blognya yang mengarah ke blog sobat. Ini yang terpenting sobat. Dengan memasang link yang mengarah ke blog sobat inilah yang dimaksudkan Off-Page SEO dari pihak lain sobat. Intinya dari kegiatan ini adalah memperbanyak backlink yang menuju ke blog sobat, agar blog sobat menjadi populer di luaran sana.



Inilah 2 kegiatan yang sifatnya membangun blog dengan Search Engine atau SEO sobat. Jika blog sobat sudah beres secara internal dengan design yang memenuhi standard SEO, sudah gitu indah pula dimata manusia dan ditambah lagi blog sobat banyak dibicarakan diluaran sana, hingga populer. Maka sudah tidak ada alasan lagi buat Search Engine untuk menolak blog sobat.



Artinya, blog sobat akan dinilai oleh Search Engine menjadi blog yang amat penting. Jika sudah demikian, maka Search Engine akan menaikkan posisi blog sobat ketika ada orang yang mencari suatu informasi yang berkaitan dengan apa yang telah sobat tuliskan di blog sobat tersebut.



Secara garis besar, inilah yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization sobat. Jika sobat sudah bisa memahaminya, saatnya sobat untuk melakukan aksi dengan ilmu SEO yang telah sobat dapatkan dari blog ini secara gratis, dalam rangka untuk meningkatkan bisnis online sobat.



Baik sobat online, itu saja yang bisa saya persembahkan kepada sobat, besar harapan saya untuk sobat bisa mendapatkan manfaat ilmu dari apa yang saya posting kali ini. Terima kasih sobat sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai dengan selesai. Salam sukses.

1 Response to "Pendalaman SEO"