Kegiatan Yang Mirip Dengan SEO

blogger templates


SEO - Kegiatan Yang Mirip Dengan SEO


Blog Bisnis Online - SEO adalah sebuah topik yang sangat menarik untuk kita bicarakan. Banyak yang masih rancu mengenai beberapa aktifitas yang katanya adalah kegiatan SEO, tapi ketika dilakukan pengecekan ternyata bukanlah kegiatan SEO. Sobat harus selektif dan bisa membedakan mana yang murni aktifitas SEO dan mana yang bukan.



Sobat online, banyak para sahabat kita yang masih baru terjun didunia SEO mempunyai pandangan kalau SEO itu identik dengan peringkat pertama di Google. Memang betul seperti itu sobat. Namun SEO tidak sesederhana itu. SEO itu sangat luas penjabarannya. Ada beberapa kegiatan yang mirip dengan SEO namun ternyata bukan SEO. Untuk itu sobat perlu mengetahuinya.



Ada banyak proses yang harus sobat lakukan agar sukses dalam ber-SEO. Berkaitan dengan hal ini, dengan senang hati saya berbagi bersama sobat dengan cara memposting langkah demi langkah untuk mencapai kesuksesan dalam ber-SEO. Dan ini semua tentu untuk menunjang kegiatan bisnis online sobat. Baik sobat online, marilah sama-sama kita bahas topik ini.


Kegiatan SEO


Dalam pembahasan kali ini saya akan lebih menekankan pada pendalaman SEO sedari awal memulai kegiatan blogging. Memulai dari awal dengan cara yang benar itu jauh lebih baik. Adapun cara untuk memulai kegiatan SEO adalah seperti keterangan berikut..



Menentukan Ide dan Riset Pasar

Sobat harus menentukan ide untuk suatu market yang tertarget. Sobat harus membidik target pasar yang sobat inginkan. Sobat tidak bisa mentarget semua orang yang akan menjadi target pasar sobat. Contoh, jika sobat menjual peralatan kantor, sobat tidak bisa menawarkannya kepada orang yang mempunyai problem kegemukan badan. Ini namanya tidak nyambung sobat. Ditahun 2014 ini, SEO telah berkembang secara kompleks, maka memahami tehnik seo secara totalitas itu merupakan nilai plus tersendiri.



Di samping itu, sobat juga harus mengidentifikasi persaingan dalam pasar yang sobat bidik. Dan sobat harus pula menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan untuk bisa menunjang blog sobat agar bisa memenangkan pasar tersebut. Memenangkan pasar tentu akan menjadikan bisnis sobat melejit di antara yang lain. Dan masih banyak keuntungan-keuntungan lain.



Melakukan Riset Keyword
Sobat harus tahu kata kunci yang biasanya dipakai target pasar berkaitan dengan apa yang sobat sajikan dalam blog yang sobat mau buat nantinya. Cara melihat target pasar, sobat bisa menggunakan beberapa alat yang berguna untuk melihat target pasar. Banyak alatnya sobat, salah satunya adalah Google Keyword Tools. Sobat bisa memanfaatkan alat gratis ini untuk melihat target pasar.



Dalam membuat blog yang masih baru, usahakan SEO friendly sedari awal. Ini akan bagus dampaknya kelak dikemudian hari dalam perjalanan bisnis sobat. Terutama berkaitan dengan optimasi blog. Dampak positif yang lain adalah blog sobat akan banyak mendapatkan backlink dari situs lain karena aktivitas SEO yang telah sobat bangun sedari awal ini.



Kok bisa seperti itu, bagaimana kronologinya? Jadi begini, ketika blog sobat tampil dihalaman search engine dengan keyword "blog bisnis internet" misalkan, dan blog sobat menjadi peringkat yang pertama, maka biasanya akan banyak blog yang merekomendasikan blog sobat, karena blog sobat layak direkomendasikan dan bahkan tidak segan-segan mereka akn memberikan backlink gratis kepada blog sobat, karena dinilai blog sobat berkualitas. 


Melakukan Pemantauan Pasar
Lakukan pemantauan secara intens terhadap blog sobat untuk mengetahui perjalanan dan perkembangan SEO yang telah sobat bangun. Ini penting untuk menyesuaikan beberapa hal yang nantinya diperlukan dalam evaluasi SEO. Dengan melakukan evaluasi, tentu perjalanan SEO sobat akan menjadi lebih stabil. Kestabilan dalam SEO akan banyak pengaruhnya terhadap blog sobat disearch engine.


Bukan Kegiatan SEO


Ada beberapa kegiatan yang mirip dengan SEO namun bukanlah kegiatan SEO seperti yang telah saya sampaikan diatas. Maka pada kali ini saya akan membahasnya untuk memperjelas kegiatan tersebut bersama sobat untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam lagi. Baik sobat, silahkan sobat simak baik-baik topik kedua yang akan kita bahas kali ini, Insya-Allah akan bermanfaat.



Beriklan Melalui Iklan Baris

Kegiatan yang mungkin bisa di katakan mirip dengan kegiatan SEO namun bukanlah kegiatan SEO adalah seperti beriklan lewat iklan baris, baik yang gratis ataupun yang berbayar. Dari iklan ini tentu blog sobat bisa juga mendapatkan trafik atau pengunjung kan! Namun ini bukan merupakan salah satu dari kegiatan SEO.



Kegiatan yang seperti ini dinamakan promosi blog atau blog promotion. Dengan promosi yang sobat beli lewat iklan baris, ini juga bisa menjadikan blog sobat mendapatkan peringkat juga di search engine, namun ini bukanlah merupakan kegiatan SEO. Bedakan kegiatan SEO dengan yang bukan kegiatan SEO. Saya yaqin sobat faham apa yang saya maksudkan.



Kegiatan Public Relation

Review blog, beriklan lewat media masa, press release dan semua yang terkait dalam kegiatan public relation ini bukan juga di katakan sebagai kegiatan SEO. Dengan kegiatan ini sobat juga bisa mendapatkan backlink, namun ini juga bukan salah satu dari kegiatan SEO.



Black Hat SEO

Mencari kelemahan atau mengeksploitasi search engine pada algoritma untuk mendapatkan peringkat pertama disearch engine dengan kata kunci tertentu dan dalam tempo waktu yang relatif singkat. Kegiatan ini dinamakan black-hat SEO. Ini bukan merupakan kegiatan SEO. Dan cara ini sangat dilarang oleh search engine dalam ketentuan ber-SEO.



Black-hat SEO berpotensi untuk mendapatkan penalty atau banned dari search engine. Kegiatan ini juga bisa dikatakan Search Engine Spamming. Dan ini sangat menyalahi aturan atau etika dalam ber-SEO. Sebagai blogger jalur kanan tentu sobat tidak akan memilih jalan yang tidak baik seperti ini.



Perlu sobat pahami lagi, bahwa SEO bukanlah suatu kegiatan yang instan dan bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan trafik dalam waktu yang singkat. SEO adalah kegiatan jangka panjang. Maka dari itu butuh kesabaran yang ekstra dalam merintis blog agar SEO friendly. Jangka panjang namun aman, itu tentu lebih baik daripada cepat, namun tidak berumur panjang.


Membuat E-book

Membuat buku digital atau biasa disebut e-book dan membagikannya secara gratis terhadap para pengunjung blog, ini juga bukan merupakan suatu kegiatan SEO. Akan tetapi kegiatan-kegiatan yang bukan merupakan kegiatan SEO ini bisa menjadi bagian dalam strategi SEO. Itupun jika sobat menghendaki hal yang demikian. Sebab setiap manusia itu kan beda-beda kemauannya. Dalam e-book tersebut bisa sobat taruh link yang mengarah pada blog sobat.



Namun perlu sobat ingat bahwa kegiatan SEO itu sendirilah yang menjadi ujung tombak dari strategi dalam ber-SEO yang paling besar dampak positifnya kelak dikemudian hari dalam perjalanan blogging sobat saat ini. Itu yang terpenting atau intisari yang kita bahas dalam postingan kita kali ini sobat. Sama-sama bermanfaat, namun presentasinya akan berbeda. Dengan SEO sobat akan dapat manfaat yang jauh lebih besar.



Baik sobat online, ini saja pembahasan kita seputar kegiatan yang mirip dengan seo. Besar harapan saya sobat mendapatkan manfaat dari apa yang kita bahas kali ini. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai ketemu dalam pembelajaran seo berikutnya, sampai nanti...

0 Response to "Kegiatan Yang Mirip Dengan SEO"

Post a Comment