Mengenal SEO

blogger templates


SEO - Mengenal SEO


Blog Bisnis Online - SEO yang memiliki kepanjangan Search Engine Optimization adalah sebuah kegiatan pengoptimalan terhadap sebuah blog agar selaras dengan algoritma search engine sehingga mendapatkan trafik darinya. Adapun SEO itu sendiri memiliki sejarah yang cukup fenomenal yang kita akan ungkap dan bahas dalam topik SEO kita kali ini.



Sebelum kita mendalami search engine optimization, marilah kita telusuri sejarah SEO yang konon katanya melibatkan dua orang tokoh sukses dari kalangan bisnis internet dalam skala dunia, bahkan masuk dalam jajaran 100 pemasar terkaya didunia yaitu Larry Page dan Sergey Brin, yang dikemudian hari dua orang inilah yang telah memprakarsai lahirnya Google keranah internet.



Sejarah Search Engine Optimization

Search Engine Optimization pertama kali ditemukan itu pada tanggal 26/07/1997 oleh seorang pelaku spam dalam pesan singkatnya yang ia posting di Usenet, demikian berdasarkan kesaksian dari Danny Sullivan yang merupakan salah satu dari pentolan Google.



Sampai sekarang, yang namanya spammer (pelaku spam) kerap kali menjadi topik hangat dikalangan internet karena sepak terjangnya yang selalu membuat onar dalam aksi-aksi misteriusnya yang dinilai merugikan banyak pihak dikalangan dunia internet.



Tempo dulu, search engine itu tidaklah secanggih sekarang. Dengan ulah para pelaku spam tersebut lahirlah search engine optimization, yaitu sebuah algoritma yang sangat populer dari tahun ketahun, hingga sampai saat ini ditahun 2014.



Pada waktu itu perumusan search engine optimization baru sebatas meta tag yang disematkan dalam kode html disetiap blog mereka dan belum ditemukan algoritma perumusan yang canggih seperti sekarang ini dengan hasil index yang cukupo akurat dari search engine.



Meta tag adalah sebuah konten blog yang mengandung beberapa kata kunci. Kata kunci itu akrab disebut dengan keyword dalam bahasa kulon. Berbisnis online diera sebelum tahun 1997 itu sangat sulit, karena search engine belum ditemukan. Berbeda dengan sekarang yang kesemuanya sudah full fasilitas, kita tinggal menggunakannya saja.



Karena perumusan search engine pada waktu itu mengacu pada meta tag, maka ketika ada manipulasi kata kunci dalam meta tag yang diposting oleh para oknum, maka akan menjadi kerancuan search engine dalam melakukan indeks dan penempatan rangking blog atau hasil result page, itulah masalah yang terjadi kala itu.



Dan dari kerancuan hasil indeks search engine ini menjadikan kerugian yang tidak sedikit bagi perusahan search engine dan juga bagi mereka para pencari informasi yang ingin mendapatkan informasi akurat dari search engine. Semuanya tumpang tindih tidak karuan.



Namun dari sinilah titik balik penemuan search engine yang sesungguhnya. Belajar dari meta tag yang terus dikembangkan berbuah menjadi sebuah algoritma search engine yang bisa sobat rasakan manfaatnya seperti sekarang ini, mulai dari hasil indeks maupun dalam perangkingan blog dan trafik.



Sejarah Berdirinya Backrub

Backrub adalah sistem perumusan search engine yang dihitung berdasarkan algoritma dalam ilmu matematika yang berfungsi untuk menyempurnakan sistem meta tag yang menjadi perumusan search engine. Algoritma ini ditemukan oleh dua orang tokoh fenomenal yang kelak dikemudian hari menjadi penyebab lahirnya google.



Siapakah kedua tokoh ini? Kedua tokoh ini adalah dua orang mahasiswa Universitas Stanford Amerika dengan jurusan ilmu komputer yang tidak lain dan tidak bukan adalah Larry Page dan Sergey Brin yang telah kita singgung namanya diawal artikel ini. Dari sinilah sejarah kegemilangan search engine dimulai.



Sejarah Perumusan Page Rank

Runyamnya perumusan search engine pada waktu itu seperti benang kusut yang telah mengikat satu diantara lainnya dan sangat susah untuk ditemukan solusinya. Berkat perjuangan Larry Page dan Sergey Brin, maka terurailah benang kusut tersebut dengan sebuah solusi pada perumusan algoritma backrub yang mereka berdua temukan.



Dan perumusan ini mereka namakan dengan Page Rank. Semenjak itulah istilah Page Rank mulai dikenal dan sangat populer hingga saat ini. Page Rank adalah sebuah algoritma dengan perumusan dalam hitungan mametika yang sangat lengkap dengan melibatkan perhitungan eksistensi dari link internal dan link eksternal.



Dan sistem ini terbukti ampuh dalam menyelesaikan benang kusut yang terjadi diperumusan search engine pada waktu itu dan sangat relevan dalam pengembangannya hingga masa kini dan terus dikembangkan menjadi sistem terbaik dalam blantika dunia search engine.

0 Response to "Mengenal SEO"

Post a Comment