Tips Memulai Bisnis Paling Sederhana

blogger templates


Tips Sukses - Tips Memulai Bisnis Paling Sederhana


Blog Bisnis Online - Apakah sobat berminat untuk menjalankan bisnis dan masih bingung bagaimana cara memulainya? So, saya punya cara praktis untuk memulai bisnis yang cukup sederhana dan saya yakin semua orang pasti bisa, asal memiliki kemauan yang kuat.



Sobat mau tahu atau mau tahu banget bagaimana caranya? Baik, saya akan paparkan langkah-langkah taktisnya. Pastikan sobat online, membaca keseluruhan artikel yang saya posting khusus untuk sobat ini. Berikut ini langkah sederhananya...



Pilih Produk atau Jasa?

Ini adalah langkah sederhana yang pertama, sobat mau memulai bisnis dengan menjual produk atau jasa? Jika sobat memilih menjual produk, maka yang harus sobat lakukan adalah memilih produknya. Produk apa saja itu? Terserah sobat, produk apa saja boleh, bisa produk digital seperti software, e-book dan lain-lain.



Atau bisa juga produk fisik seperti pakaian, celana, sarung, sajadah, perlengkapan muslim juga boleh. Saat ini sudah menjelang Ramadhan dan sebentar lagi lebaran, gunakan momentum baik ini.



Berikutnya jika sobat memilih berbisnis jasa, kira-kira sobat memiliki keahlian apa? Sobat hobby utak-utik alat elektronik? Berarti sobat bisa memulainya dengan servis alat-alat elektronik. Atau mungkin sobat seorang pemusik dan ahli dibidang penservisan alat musik? Nah, ini juga bisa menjadi modal bisnis sobat dibidang jasa.



Menyiapkan Tempat Untuk Berbisnis

Berikutnya sobat bisa mulai untuk menyiapkan tempatnya. Jenis bisnis yang sobat geluti ini masuk dalam kategori bisnis online atau offline? Jika sobat berbisnis melalui jalur bisnis online, maka tempat yang harus sobat siapkan adalah blog atau website.



Mungkin sobat bisa menggunakan blog-blog yang gratisan dulu diawal seperti, blogspot dan wordpress. Apakah tidak lebih baik menggunakan domain yang berbayar? Ya tentu lebih baik seperti itu, namun diawal untuk menekan biaya, sobat bisa menggunakan yang gratisan terlebih dahulu. Nanti jika sudah berkambang baik, silahkan ditingkatkan dengan menggunakan yang berbayar.



Jika bisnis sobat masuk dalam kategori bisnis offline, maka untuk tempat ini sobat harus menyiapkan lokasi yang strategis, syukur-syukur jika sobat telah memiliki lahan sendiri, tentu akan lebih menghemat dari sisi biaya lokasi. Namun jika tidak, maka sobat bisa menyewa lokasinya.



Mulai Memasarkan

Yang terakhir adalah pemasaran. Jika dirasa sudah cukup kedua langkah diatas, berikutnya adalah mulai dengan pemasaran. Silahkan pasarkan produk atau jasa sobat. Pemasaran itu ada dua cara yaitu, pemasaran dengan cara online dan pemasaran offline.



Untuk pemasaran online, sobat bisa mempromosikan bisnis sobat melalu tehnik SEO, jika sobat telah memahami ilmunya. Jika belum, maka sobat bisa memasarkannya melalui sosial media seperti facebook, twitter, forum online dan lain-lain.



Bagaimana cara pemasaran offline? Pemasaran ini sangat mudah sekali, karena setiap hari sobat pasti ketemu orang kan? Jadi tinggal sobat ceritakan kepada setiap kenalan yang sobat jumpai didunia nyata, mulai dari saudara, sahabat, teman kantor, teman hobby, teman pengajian dan lain-lain, cukup simpel kan sob..



Saya sarankan sobat fokus satu bisnis dulu, jangan serakah ini mau dan itu mau, akhirnya sobat tidak fokus dan gagal. Cukup jalankan 1 bisnis saja dulu diawal sampai benar-benar menghasilkan dan sukses, baru sobat boleh melirik bisnis yang kedua, berikutnya dan berikutnya.



Sobat sudah faham? Baik, inilah tips memulai bisnis paling sederhana yang bisa saya sajikan kepada sobat online untuk saat ini. Nantikan postingan-postingan bermanfaat lainnya yang sudah saya siapkan untuk sobat semua diblog bisnis ini, salam sukses.

0 Response to "Tips Memulai Bisnis Paling Sederhana"

Post a Comment