Bisnis Tanpa Modal

blogger templates


Belajar Bisnis - Bisnis Tanpa Modal


Blog Bisnis Online - Bisnis tanpa modal, apakah ada? Jelas ada, namun eksistensinya sangat sedikit sekali. Hampir semua sektor bisnis itu menggunakan modal, walaupun modalnya relatif murah atau terjangkau. Saya sendiri lebih suka mengatakan bisnis yang real, yaitu bisnis dengan menggunakan modal yang terjangkau.



Pernah saya mendengar orang ngomong seperti ini, "bisnis ini tanpa modal, karena setelah menjual produk ini, maka lunaslah modal tersebut dan Anda bisa mengembangkan bisnis ini dengan tanpa modal" sebetulnya ini hanyalah bahasa marketing saja, namun sesungguhnya bisnis apapun itu tetap menggunakan modal.



Karena yang namanya bisnis itu bukan hanya sekali saja dalam transaksi, namun berulang-ulang karena setiap pebisnis itu selalu menginginkan repeat order. Untuk menunjang keberlangsungan bisnis ini tentu membutuhkan modal, walupun modal tersebut memang bisa diefesienkan dalam penggunaannya.



Baiklah, pada kesempatan ini saya akan membahas 2 contoh bisnis yang modalnya sangat terjangkau dan bisa dilakukan oleh siapapun. Jika sobat berniat dan berminat untuk bisnis, maka jangan takut akan modal, karena modal itu bisa ditekan seminimal mungkin diawal. Jika bisnis sudah berkembang dengan baik, maka itu lain soal tentunya.



Mengingat nilai kebutuhan yang terus meningkat dan tidak disertai dengan penghasilan yang meningkat pula, maka hal inilah yang banyak membuat ragu bagi mereka yang tidak memiliki modal cukup besar akan hal itu. Maka ini janganlah menjadi alasan sobat untuk tidak berani memulai bisnis, karena sekali lagi, modal itu bisa ditekan seminimal mungkin.



Memanfaatkan Bisnis Online

Contoh yang pertama adalah bisnis online. Bisnis jenis ini merupakan bisnis dengan potensi penghasilan yang tidak terbatas dan bisa diawali dengan biaya yang cukup murah. Karena dengan modal 6 ribu perhari saja sobat sudah bisa memulai bisnis jenis ini.



6 ribu ini untuk biaya apa? Karena bisnis online butuh beberapa perangkat untuk menunjangnya seperti, laptop atau PC (Personal Computer), listrik dan koneksi internet, maka jika perangkat ini belum bisa sobat adakan, solusinya adalah sobat bisa pergi kewarnet dengan sewa fasilitas warnet untuk online dengan biaya sekitar 3 ribu rupiah perjam.



Cukup sobat online rutin sehari selama 2 jam diwaktu-waktu non produktif yang sobat miliki, maka cukuplah itu untuk mengembangkan bisnis online yang bisa sobat tekuni. Karena tarif sewa internet perjamnya 3 ribu rupiah, maka jika sobat online selama 2 jam setiap hari, biaya yang sobat butuhkan perharinya adalah 6 ribu rupiah saja.



Cukup murah bukan? Jika sobat seorang perokok, maka nilai tersebut itu tidaklah sebanding dengan 1 bungkus rokok yang sobat konsumsi setiap hari. Karena harga rokok perbungkus saat ini, itu berkisar antara 8 ribu rupiah. Apalagi jika sobat termasuk perokok berat yang bisa menghabiskan 3 bungkus rokok perharinya, maka nilai ini sangatlah murah sekali.



Adapun jenis bisnis online itu banyak ragamnya, dimulai dari PPC (Pay Per Click) sampai affiliate. Dan semuanya itu tidak perlu modal lagi selain koneksi internet. Solusi ini sangat tepat sekali bagi sobat yang ingin menjalankan bisnis, namun masih terkendala dengan modal besar yang senantiasa mengahantui sobat, sehingga sobat tidak pernah action sampai sekarang.



Saya berharap setelah sobat memahami artikel bisnis yang saya tuangkan dalam blog ini, maka sobat segera action dan ambil bagian dari hebatnya potensi bisnis online. Semua ada solusinya sobat, tergantung bagaimana sikap sobat sendiri, mau terus terkendala dengan masalah sehingga sobat tidak pernah action karenanya, atau fokus solusi dengan menggunakan cara cerdas seperti pemaparan saya diatas.



Bisnis Berdasarkan Keahlian

Setiap manusia pastilah memiliki keahlian yang berbeda-beda. Maka hal inilah yang bisa menjadi salah satu solusi untuk setiap manusia tetap terus berkarya walaupun dengan memiliki modal yang minim. Dengan keahlian yang sobat miliki maka sobat bisa mulai action dengan modal seadanya terlebih dahulu.



Jika sobat memiliki keahlian dibidang bahasa inggris, maka sobat bisa membuka kursus bahasa inggris dengan menerima panggilan untuk datang kerumah memberikan kursus dijam-jam non produktif yang sobat miliki dan sobat masih tetap bisa bekerja sebagai seorang karyawan, guru atau profesi-profesi lain yang menjadi pekerjaan tetap sobat sekarang ini.



Masih banyak contoh yang lain, misalkan jika sobat memiliki motor dan faham akan lokasi-lokasi tertentu, maka ini juga bisa menjadi solusi untuk sobat. Sobat bisa mencari relasi yang biasa melakukan touring disaat weekend dan sobat bisa mengawalnya dengan aman untuk mencapai lokasi tersebut.



Tentu untuk hal ini sobat juga harus tahu birokrasinya seperti mengurus surat perijinan dikepolisian setempat dan lain-lain. Karena profesi ini adalah profesi teman saya yang pada waktu itu pernah disharingkan kepada saya saat kami sedang santai dan ngobrol bebas.



Demikian bisnis tanpa modal yang sesungguhnya adalah bisnis dengan cara meminimilkan modal disaat sobat belum memiliki modal besar untuk memulai sebuah bisnis. Karena modal bisnis itu relatif dan tidak semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar, terima kasih dan semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat online semua.

0 Response to "Bisnis Tanpa Modal"

Post a Comment