Cara Memulai Bisnis Sembako

blogger templates


Bisnis Offline - Cara Memulai Bisnis Sembako


Blog Bisnis Online - Bisnis sembako terbilang bisnis yang paling banyak digemari didunia offline dan masuk kategori bisnis konvensional dengan sistem retail. Khusus pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara memulai bisnis sembako dengan cara yang benar.



Memilih Lokasi Usaha

Pemilihan lokasi usaha adalah hal pertama yang harus sobat lakukan untuk memulai bisnis ini. Pilihlah tempat usaha yang strategis, karena dilokasi yang strategis akan sangat bagus untuk kelangsungan bisnis sembako ini. Sangat tepat jika sobat memilih lokasi padat penduduk dan banyak orang yang lalu lalang diarea tersebut.



Menstok Barang Dagangan

Jangan terlalu berlebihan dalam menstok barang dagangan atau bahan baku yang akan dijual, secukupnya saja. Sedikit asal komplit itu jauh lebih baik daripada banyak namun tidaklah komplit. Dengan beriringnya waktu, sesuai dengan sirkulasi maka barang dagangan sobat akan penuh dengan sendirinya.



Saran saya diawal sobat bisa menstok barang yang biasanya paling laku seperti, mie instant, telor, beras, gula pasir, gula jawa, kopi sachet, sabun, odol, sikat gigi dan jajanan anak-anak. Pokoknya yang penting isi dagangan lengkap aja dulu, masalah banyaknya dagangan itu belakangan seperti keterangan diatas.



Dalam menstok barang itu rumusnya adalah hasil penjualan perhari dikalikan dua. Contoh misalkan, rokok gudang garam filter perhari itu rata-rata laku 4 bungkus, maka sobat tidak perlu menstok rokok tersebut sampai 15 bungkus, cukup 8 bungkus sesuai dengan rumusan ini.



Stok berlebihan hanya akan banyak memakan modal usaha sehingga tidak efektif dan produktif. Mendingan sisa modal usaha tersebut dipergunakan untuk belanja dagangan yang lain agar stok barang semakin lengkap, sehingga toko sembako sobat menjadi toko serba ada biarpun masih dalam skala kecil.



Membeli Barang Dagangan

Dalam membeli barang dagangan atau biasa juga disebut dengan istilah "kulakan" itu sobat bisa kerjasama dengan para grosir atau agen-agen distributor. Karena harga dari para grosir dan agen itu tentu selisihnya jauh jika dibandingkan dengan harga dari para pengecer.



Sobat bisa langsung datang kelokasi dulu untuk membelinya. Setelah nanti sobat sering belanja kegrosir tersebut, maka berikutnya sobat bisa minta tolong untuk mengantar barang dagangan yang sobat pesan via telepon kelokasi toko sembako sobat.



Ritme belanja bisa sobat sesuaikan dengan dengan jumlah penjualan yang ada. Artinya jika toko sobat ramai, mungkin sobat harus belanja perhari. Dan kalau pas lagi sepi mungkin bisa 3 hari sekali atau 1 Minggu sekali sesuai dengan perkembangan dari hasil penjualan toko sembako sobat.



Melakukan Promosi

Promosi ini sangat penting, karena dengan promosi itu akan menjadikan nilai lebih untuk menarik minat para pelanggan untuk belanja. Lakukan promosi beberapa item barang saja kepada para tetangga sobat, kenalan sobat, siapa saja yang sobat kenal diwilayah usaha sobat tersebut.



Dengan begitu mereka akan tertarik dan membeli item barang tersebut. Karena kebutuhan rumah tangga mereka itu bukan hanya item barang yang sobat promosikan tadi, karena mereka banyak kebutuhan barang yang lain, maka secara otomatis mereka akan belanja juga item barang yang lain, yang bukan termasuk kategori barang promosi. Ini adalah cara cerdas dalam melakukan sebuah promosi.



Berikan Harga Yang Murah

Ini adalah jurus ampuh yang sobat harus keluarkan, untuk memikat para pelanggan toko sobat. Berikanlah harga yang kompetitif, harga yang relatif murah, jangan mengambil keuntungan terlalu besar, biar sedikit yang penting banyak item barang dagangan yang terjual sehingga terjadi perputaran yang cepat dalam usaha ini. Wal-hasil, toko sembako sobat akan selalu diserbu para pelanggan.



Pelayanan Yang Ramah

Kenyamanan untuk para pelanggan itu sangat penting, maka ramah kepada para pembeli, khususnya para pelanggan adalah wajib jika sobat ingin mendapatkan pelanggan yang loyal dan fanatik kepada sobat. Kalau sudah seperti ini, kecil kemungkinannya mereka untuk pindah kelain hati.



Berikan pelayanan yang memuaskan, seperti ringan untuk mengantarkan barang pesanan pelanggan. Berikan senyuman yang tulus dan jangan lupa ucapkan terima kasih kepada setiap pelanggan yang belanja ketoko sembako sobat.



Bagaimana? Sekarang sobat sedikit banyaknya sudah mengetahui alur atau cara memulai bisnis sembako dengan cara yang benar versi blog bisnis online, sobat tertarik dengan jenis bisnis ini? Jika iya, maka segera realisasikan semuanya, salam sukses.

0 Response to "Cara Memulai Bisnis Sembako"

Post a Comment