4 Pilar Blogger Menuju Sukses

blogger templates


Tips Blogging - 4 Pilar Blogger Menuju Sukses


Blog Bisnis Online - Sukses sebagai seorang blogger berpenghasilan tak terbatas dengan pundi-pundi rupiah dan dollar yang selalu mengalir sebagai aset yang tak pernah bisa dihentikan adalah impian mayoritas setiap blogger didunia online ini. Apakah sobat pernah mendengar kisah-kisah sukses para blogger seperti yang saya sebutkan?



Banyak sekali kisah sukses para blogger dari dalam maupun luar negeri yang sering kita lihat dan baca informasinya dijagat internet ini. Bagaimana mereka bisa sesukses itu? Dan bagaimana caranya? Baik, dalam kesempatan ini saya akan membahas secara garis besar bagaimana cara menjadi sukses sebagai seorang blogger.



Pertanyaannya, sebagai seorang blogger, apakah sobat telah memiliki impian untuk sukses sama seperti mereka? Jika jawaban sobat adalah "IYA" maka saya ucapkan "SELAMAT" kepada sobat online, karena sobat telah memiliki impian yang tepat. Selanjutnya sobat tinggal merealisasikan impian sobat tersebut dalam bentuk tindakan-tindakan yang kongkrit.



Berikutnya, apakah saat ini sobat dalam kondisi putus asa karena tak kunjung mendapatkan dollar, atau bahkan rupiah sekalipun? Atau mungkin sudah mendapatkannya namun masih dalam bentuk recehan? Tenang saja sobat, sobat tidak sendirian, diluaran sana masih banyak para blogger yang bernasip sama seperti sobat, namun karena kegigihan dan keuletannya, pada akhirnya merekapun bisa mencapai finish dan sukses.



Semuanya hanyalah proses. Jika sobat tahan akan prosesnya dan terus melangkah tanpa berhenti, maka saya sangat yakin jika sobatpun pada akhirnya nanti bisa sukses juga sama seperti mereka. Karena sukses bukanlah hal yang instan, dimana-mana hukum ini tetap berlaku, begitu pula halnya sobat sebagai seorang blogger.



Sukses itu tidak bisa diraih dengan waktu yang singkat, semuanya membutuhkan proses, butuh kisah sukses yang hebat, dan itu semua akan menguji tingkat kesabaran sobat online semua. Untuk itu pada kesempatan ini saya akan membahas 4 pilar blogger menuju sukses. Apa saja 4 Pilar tersebut? Silahkan sobat simak baik-baik pemaparan saya berikut ini...



Membangun Pondasi Blog

Pilar yang pertama adalah membangun pondasi blog. Ditahap ini sobat perlu kerja keras dan sibuk luar biasa. Karena ditahap pembangunan pondasi ini, sobat perlu mendesain blog, membuat konten yang berkualitas, mengoptimasi blog agar seo friendly, mencari trafik blog, mempromosikan blog kesana kemari dan lain-lain.



Biasanya blog yang sudah lumayan bagus itu minimal memiliki 50 sampai dengan 100 konten yang berkualitas didalamnya. Dan biasanya waktu yang dibutuhkan untuk membuat konten tersebut itu sekitar 3 hingga 6 bulan. Untuk para pemula yang agak malas mungkin waktu yang dibutuhkan bisa lebih dari itu.



Dan dalam pilar yang pertama ini biasanya para blogger banyak yang lelah, bosan, jenuh, menyerah, putus asa dan akhirnya gagal. Maunya buru-buru dapat penghasilan, ia tidak nyadar kalau kondisi blognya masih prematur, namun masih tetap dipaksakan juga untuk terjun kemedan laga, wal-hasil akhirnya kalah dan tumbang.



Diposisi ini sobat perlu ekstra sabar. Pelan tapi pasti dan terstruktur sehingga blog tumbuh secara alami, berkualitas dan memiliki pondasi yang kokoh dari semua sisi. Baik itu dari sisi desain, seo, konten, trafik dan lain sebagainya. Jika sobat tidak cermat dalam hal ini, maka siap-siaplah sobat untuk gulung tikar dan gagal.



Membangun Trafik Blog

Pilar yang keduanya adalah membangun trafik. Trafik adalah nyawa dari sebuah blog. Blog tanpa trafik ibarat malam tanpa bintang, saya sok puitis ya sob, hehehe... Tapi memang begitulah kenyataannya. Apalah artinya blog megah kalau sepi dari pengunjung, betul tidak sob? Nah, itulah pentingnya trafik.



Trafik bisa didapat dari banyak sumber, bisa dari search engine (google, yahoo, bing dll), namun disini sobat dituntut untuk bisa menguasai ilmu SEO (Search Engine Optimization)nya, yaitu suatu tehnik mengoptimasi blog agar match dengan search engine. Berikutnya bisa dari sosial media seperti facebook dan twitter, dari forum online dan lain sebagainya.



Biasanya, meningkatnya trafik itu bisa dilihat dari banyaknya komentar pada setiap konten yang diposting dan dari banyaknya pengunjung yang berlangganan via RSS. Kalau sudah seperti ini, biasanya blog sudah mulai menghasilkan. Membangun trafik itu membutuhkan waktu paling cepat antara 6 bulan sampai 1 tahun. Ini jika dilakukan secara konsisten. Jika tidak, maka waktunya akan lebih dari itu.



Sangat bagus jika sampai ditahap ini sobat berusaha untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dari blog-blog populer yang lain. Bagaimana caranya? Caranya rajin-rajinlah berkomentar atau menjadi blogger tamu. Blogger tamu adalah blogger yang membuat 1 konten yang diposting diblog populer dengan meninggalkan backlink keblognya.



Jangan lupa terus untuk konsisten menambah konten-konten berkualitas didalam blog, sehingga blog sobat akan semakin fresh dengan informasi terbaru setiap saat. Ini penting, karena biasanya pengunjung akan balik lagi jika dilihatnya blog tersebut bermanfaat untuknya dan selalu update.



Memonetisasi Blog

Pilar yang ketiga adalah menyulap blog menjadi mesin uang atau monetisasi blog. Ditahap ini biasanya blog sudah memiliki trafik yang bagus disetiap harinya. Berapa banyak ukuran trafik bagus untuk sebuah blog? Itu minimal 1.000 kunjungan perhari. Kalau sudah seperti ini, sobat tinggal pilih jenis bisnis apa yang sobat kehendaki, biasanya berbasis advertiser atau PPC (Pay Per Click) dan lain-lain.



Banyak bisnis yang bisa sobat ciptakan dengan trafik blog yang sudah bagus seperti ini. Usahakan trafik terus meningkat dan pertahankan jangan sampai menurun. Bagaimana caranya? Salah satu caranya yaitu dengan terus menambahkan konten berkualitas secara konsisten. Biasanya waktu yang dibutuhkan itu berkisar antara 6 sampai 1 tahun pula.



Dan ditahap ini, sobat juga harus sudah mulai memikirkan untuk membuat sebuah sistem aset yang nantinya bisa menjadikan sobat bebas waktu dan uang melalui blog. Ini adalah masuk dalam tahap-tahap pengembangan bisnis agar jangan sampai kran penghasilan sobat nantinya mampet ditengah jalan.



Merawat Eksistensi Blog

Pilar yang ke empat atau yang terakhir adalah merawat eksistensi blog. Ditahap ini sobat tidak perlu kerja keras seperti ditahap-tahap sebelumnya (Pilar 1, 2 dan 3) dan bisa bekerja lebih santai. Untuk waktunya tentu tidak terbatas, karena sobat sendiri yang mengaturnya. Tahap ini adalah tahapan-tahapan para blogger yang sudah sukses.



Yang sobat lakukan adalah tinggal merawat eksistensi blog dan menciptakan inovasi-inovasi baru, itu kalau sobat mau melejit. Jika tidak, ya tidak mengapa, karena sobat sudah mendapatkan penghasilan diatas rata-rata dan sudah pasti ditahap ini sobat telah mendapatkan label sukses sebagai seorang blogger.



Nah, sekarang berapa usia blog yang sobat kelola saat ini? Apakah sobat termasuk blogger yang rajin atau pemalas sama seperti saya? Hehehe... Kalau sobat rajin maka tahapan-tahapan tersebut bisa sobat lalui dengan cepat. Namun jika malas, secara logika tentu kesuksesan sobat akan menjadi lebih lama lagi.



Sekali lagi tidak ada kesuksesan yang bisa diraih dengan cara yang instan atau dengan melalui jalan pintas. Membangun blog hingga sukses itu butuh proses yang panjang. Tetaplah pada jalur yang benar sobat, ikuti ritmenya, nikmati prosesnya dan kelak dikemudian hari sobat bisa petik hasilnya, Insya Allah...



Demikian 4 pilar blogger menuju sukses, semoga bermanfaat untuk sobat online semua, khususnya sobat blogger mania, sampai jumpa pada postingan-postingan bermanfaat lainnya, sampai nanti, salam sukses dan salam blogger Indonesia, terima kasih...

0 Response to "4 Pilar Blogger Menuju Sukses"

Post a Comment