Belajar Bisnis Rumahan

blogger templates


Belajar Bisnis - Belajar Bisnis Rumahan


Blog Bisnis Online - Proses pembelajaran terus berkembang, mulai dari yang offline sampai yang online. Begitu pentingnya sebuah ilmu pengetahuan sehingga kalau kita tidak terus berkembang, maka kehidupan kita akan stagnan saja, atau bahkan cenderung mundur tergerus oleh sang waktu.



Perlahan namun pasti, proses pembelajaran akan menjadikan manusia terus tumbuh dan berkembang, memiliki skill, kaya akan ide-ide cemerlang, sehingga akan menjadikan suatu pengalaman yang cukup unik dalam kehidupan ini. Begitupun dengan belajar bisnis, dengan bergulirnya waktu akan menjadikan pebisnis tersebut semakin mahir.



Untuk itu, saya sangat menyarankan kepada sobat online semua, terutama para pemula bisnis, jangan pernah gengsi menjadi seorang pemula, banyaklah belajar dari para mastah, siapa saja, tentu bukan dengan saya ya, karena saya bukan termasuk kategori salah satu dari para mastah, hehehe...



Kalau dengan saya, bolehlah kita sharing dan saling belajar saja. Lakukan semua pembalajaran seputar bisnis mulai dari sekarang, jangan pernah ditunda, mungkin saat ini sobat belum membutuhkannya, akan tetapi jika sobat telah memiliki skill bisnis, jangan kaget jika sobat kelak menjadi salah satu dari para mastah yang berpenghasilan ribuan dollar dari online perbulannya.



Gunakanlah waktu non produktif sobat untuk belajar. Apalagi bisnis online itu bisa dipelajari kapan saja dan dimana saja asal terkoneksi dengan internet, dirumahpun jadi, sangat fleksibel sekali. Jika sobat sering online dan tidak sobat gunakan untuk belajar, maka sesungguhnya sobat dalam kerugian besar.



Berkaitan dengan hal tersebut saya ada beberapa tips bisnis untuk para sobat pemula yang mau serius belajar bisnis online dari rumah. Sangat sederhana, tidak repot dan hanya modal kemauan dan ketekunan saja, dengan syarat sobat memiliki perangkat online yang terkoneksi dengan internet, entah itu hp, smartphone, laptop, notebook, komputer atau apapunlah namanya, asal bisa nyambung dengan internet maka jadilah sobat belajar bisnis dengan mudah.



Memiliki Ide Bisnis

Yang pertama, sobat harus memiliki ide bisnis, apa saja idenya yang penting ada dulu, jangan terlalu didramatisir ide yang bagus itu bagaimana, konsepnya seperti apa, jangan terlalu jauh seperti itu, nanti malah sobat nggak jadi action. Lakukan saja ide tersebut secara mengalir saja, jangan remehkan ide sobat tersebut, kalau bisa usahakan yang sesuai dengan hobby sobat.



Mengapa harus sesuai dengan hobby sobat? Karena bisnis itu orientasinya untuk jangka panjang. Sobat nggak mau kan, jika bisnisnya hanya bertahan beberapa tahun saja, habis itu lalu gulung tikar, betul tidak? Nah, makanya ide bisnis sesuai dengan hobby ini sangat penting sekali untuk jangka panjangnya.



Menggali Potensi Diri

Yang keduanya, sobat bisa menggali potensi diri sobat dalam berbisnis, dengan cara banyak bergaul dengan para pebisnis yang bertebaran diseluruh penjuru dunia ini, jangan poernah batasi pergaulan, asal positif dan mengandung unsur ilmu pengetahuan, sikat aja bleh.. Dari sini nanti sobat akan banyak wawasan sebagai modal untuk menggali potensi diri.



Yakinlah setiap manusia itu diberikan kelebihan oleh Allah SWT yang berbeda-beda dan tidak sama alias unik. Temukanlah potensi unik yang ada pada diri sobat, lalu gali dan terus kembangkan secara maksimal, perlahan namun pasti dan terus konsisten dengan penuh komitmen. Sobat akan tercengang akan perkembangan yang ada pada diri sobat, setelah satu bulan, enam bulan dan satu tahun kemudian dengan pola pembelajaran yang seperti ini.



Minimalkan Biaya Operasional

Yang ketiga, jika sobat benar-benar masih baru dalam bisnis, saran saya minimalkan biaya operasional. Ambil yang dibutuhkan saja, jangan terlalu tergoda dengan informasi-informasi bagus diluaran sana. Hampir tidak ada di internet ini informasi yang tidak bagus, mayoritas semuanya bagus, pilahlah dengan bijak, seperti penggunaan tool-tool yang sederhana dulu sesuai dengan kapasitas pengetahuan sobat, kalau memang benar-benar diperlukan, baru belilah yang berbayar.



Jangan terjebak budaya ikut-ikutan yang biasanya banyak dilakukan oleh para pemula, termasuk saya dulu, hehehe... Biaya operasional besar, sedangkan alat tersebut tidak cukup membantu untuk mendapatkan penghasilan yang sepadan dari biaya yang telah saya keluarkan, akhirnya boros deh, hehehe... Cukup saya saja ya, sobat jangan lakukan itu, rugi boss, hehehe...



Manajemen Waktu Dengan Benar

Yang ke empat adalah manajemen waktu dengan benar. Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kita putar ulang, gunakanlah waktu sobat dengan bijak. Kapan sobat harus bekerja untuk boss sobat, jika sobat masih menjadi seorang karyawan, dan kapan waktu sobat untuk membangun bisnis sobat sendiri, waktu untuk ibadah, waktu untuk keluarga dan lain-lain itu semua tentu tidak bisa dicampur adukkan.



Ini jangan sobat anggap remeh, karena manajamen waktu yang salah akan menjadikan kegiatan sobat porak poranda karenanya. Untuk itu segera buat manajemen waktu yang benar, jelas dan jadikanlah manajemen tersebut sebagai rutinitas sobat stiap harinya yang tidak bisa sobat ganggu gugat dan tidak boleh sobat langgar. Jika sampai sobat langgar, ala maaak, akan berantakanlah semuanya.



Strategi Dalam Berbisnis

Yang kelima sobat harus mulai belajar dan memahami dengan seksama alur bisnis sobat itu arahnya kemana. Maka hal ini perlu yang namanya strategi bisnis. Jika sobat menekuni bisnis yang bergerak dibidang jasa, maka sobat harus faham setiap lini yang berunsur jasa itu yang seperti apa dan carilah celahnya agar sobat bisa masuk dalam kancah bisnis tersebut.



Jika sobat online menekuni bisnis dibidang penjualan produk, pun sama juga sobat harus mengetahui dengan baik dan benar ilmunya. Boleh semangat tapi tidak perlu kemrungsung, faham kemrungsung sobat? Hehehe... Kemrungsung itu jangan terlalu terburu nafsu, santai namun pasti, dari pada terburu-buru akhirnya tumbang ditengah jalan, betul tidak sobat? Hehehe...



Kembangkan Kreatifitas Bisnis

Yang ke enam ini sebetulnya masuk dalam kategori strategi bisnis juga, namun karena ini memiliki nilai tersendiri menurut saya, maka pengembangan kreatifitas dalam berbisnis ini masuk pada item yang berikutnya, tersendiri atau khusus. Kreatifitas adalah suatu hal yang bersifat baru, unik dan tidak membosankan, inilah yang istimewa dari nilai ini.



Kreatifitas yang terus dikembangkan akan melahirkan ide-ide baru yang cemerlang dan senantiasa update dari waktu kewaktu. Kreatifitas bisnis adalah poin plus-plus yang akan menjadikan bisnis sobat melejit dan susah dikejar oleh kompetitor sobat nantinya. Jadi, asahlah kemampuan sobat dalam berkreatifitas bisnis mulai dari sekarang, mumpung belum terlambat.



Dan dengan online, semua itu bisa sobat lakukan cukup dari rumah saja, sobat tidak perlu kemana-mana, sobat tidak perlu kepanasan dan kehujanan atau bermacet-macet ria bagi sobat yang tinggal dikota besar seperti di Jakarta sini. Belajar bisnis rumahan memang sesuatu banget sobat, hehehe... Manfaatkanlah dengan baik dan benar sehingga kesuksesan dalam berbisnis online bisa segera sobat raih, selamat belajar, terima kasih dan salam sukses.

0 Response to "Belajar Bisnis Rumahan"

Post a Comment