Tips Menemukan Ide Bisnis

blogger templates
 
Tips Sukses - Tips Menemukan Ide Bisnis
 
Blog Bisnis Online - Tips menemukan ide bisnis yang terus mengalir, berkesinambungan tanpa mengenal jalan buntu, lancar bagaikan melaju dijalan tol adalah dambaan semua pebisnis, termasuk sobat dan saya tentunya.



Kabar buruknya, tidak semua orang bisa seperti itu, betul sobat? Karena tingkat kemampuan manusia dalam mencerna sesuatu itu berbeda-beda, ada yang cepat, ada yang sedang dan ada pula yang lambat.



Sebetulnya tidak demikian sobat, walaupun tingkat kemampuan manusia berbeda-beda, akan tetapi setiap manusia itu diberikan satu nilai oleh Allah SWT, yaitu satu kelebihan yang mereka miliki dan itu tidak dimiliki oleh orang lain.



Yang membedakan antara mereka yang ekspert dan bukan hanyalah faktor kebiasaan saja. Orang yang eksepert telah menemukan nilai tersebut dan membiasakan dirinya secara konsistent pada nilai tersebut sehingga mereka menjadi terbiasa. Adapun orang yang belum ekspert adalah sebailknya.



Sederhana kan sobat? Bermula dari mau membiasakan dan tidak mau membiasakan saja, perbedaannya akan sangat jauh, seperti langit dan bumi. Wal-hasil, orang yang mau membiasakan dia akan terus tumbuh dan berkembang dan pada akhirnya menjadi ahli, sedangkan orang yang tidak mau membiasakan, maka dia akan stag disitu, tidak pernah tumbuh dan berkembang dan akhirnya gagal.



Begitu pula halnya dengan ide bisnis, sobat bisa banyak menamukan ide bisnis yang terus mengalir disekitar sobat seperti layaknya mata air yang tidak pernah kekeringan jika sobat mau. Mau yang saya maksudkan disini bukan hanya sekedar mau, akan tetapi bentuk kemauan keras penuh perjuangan, pengorbanan dan do'a. Artinya mau membayar harganya berapapun tanpa menawar lagi. Berikut ini adalah tips-tips menemukan ide bisnis yang saya rangkum khusus untuk sobat online semua...



Sharing Dengan Orang Lain

Untuk mendapatkan sebuah ide bisnis, sobat blog belajar bisnis internet bisa melakukan sharing (berbagi atau bertukar pengalaman) dengan orang-orang disekitar, bisa keluarga, sahabat, klien bisnis dan lain-lain. Dari sharing tersebut bahaslah sebuah topik bisnis yang sedang hot ditahun ini. Mintalah pendapat kepada orang yang sobat ajak sharing tersebut. Dari situ saya yakin sobat akan banyak menemukan ide bisnis.



Kegemaran Membaca

Cara lain untuk menemukan ide bisnis yaitu dengan cara melatih diri sobat untuk menjadi seorang yang gemar membaca. Dari tidak suka membaca, meningkat menjadi gemar membaca dan akhirnya terbiasa, bahkan bisa meningkat menjadi sebuah hobby. Dengan membaca akan menjadikan sobat selalu menemukan ide-ide baru. Jika sobat merasa kehabisan ide bisnis, coba sobat luangkan waktu pergi ketoko-toko buku, beli satu buka terbaru dengan topik yang sobat suka. Baca dan cernalah isi dari buku tersebut. Dari aktifitas ini sobat akan mendapatkan kekayaan dalam ide bisnis.



Peka Terhadap Lingkungan

Lingkungan adalah tempat yang paling empuk untuk menemukan ide bisnis. Entah itu lingkungan keluarga, lingkungan tetangga, lingkungan sahabat, lingkungan tempat sobat bekerja, lingkungan pengajian, lingkungan olahraga dan lain-lain. Membaurlah dengan lingkungan sobat, temukan masalah yang terjadi dalam lingkungan tersebut. Lalu berikanlah solusi terbaik untuk lingkungan tersebut. Solusi sobat online terhadap mereka adalah bentuk ide bisnis yang sangat tepat.



Responsif Terhadap Peluang

Peluang ada dimana-mana jika sobat termasuk kategori orang yang responsif, tentunya termasuk sebuah ide bisnis yang sedang kita kupas pada kesempatan ini. Tips ini hampir mirip dengan kepekaan sobat terhadap lingkungan, cuma bedanya kalau sobat responsif, maka dimanapun kaki sobat berpijak disitu sobat akan selalu menemukan ide bisnis. Jadi tips ini tingkatannya satu langkah memiliki nilai lebih daripada hanya sekedar peka terhadap lingkungan.



Menstimulasi Akal dan Hati


Berikutnya adalah menstimulasi akal dan hati agar senantiasa terasah. Kuncinya adalah dengan cara memberikan nutrisi terbaik pada akal dan hati. Bagaimana caranya? Caranya adalah sobat harus selalu yakin, optimis, fokus pada solusi, jangan pernah katakan tidak bisa, selalu berpikir positif, memiliki komitmen, memiliki konsistensi yang tinggi, kedisiplinan dalam membiasakan hal-hal baru, mencintai pembelajaran dan masih banyak hal yang senada dengan keterangan tersebut yang kesemuanya bisa dikemas dalam bentuk sebuah ide bisnis.



Lakukan pengembangan secara teratur, bertahap dan pasti. Dengan demikian sobat online tidak akan pernah kehabisan ide-ide cemerlang untuk mengembangkan bisnis menuju kesuksesan yang ingin sobat raih. Baik sobat online, sampai disini dulu tips menemukan ide bisnis dari saya "Happy Weekend" dan salam sukses selalu.

1 Response to "Tips Menemukan Ide Bisnis"

  1. Halo, boleh saya minta kontak anda? bila anda berkenan, saya ingin mendiskusikan kerja sama. Terimakasih

    ReplyDelete