Rahasia Niche Market

blogger templates


Bisnis Online - Rahasia Niche Market


Blog Bisnis Online - Niche market adalah pasar ceruk yang belum banyak diketahui oleh khalayak ramai sehingga potensinya masih sangat besar. Jika sobat jeli terhadap sebuah niche market, maka sobat memiliki kesempatan yang sangat besar untuk sukses dipeluang bisnis ini. Baiklah, mari kita belajar tentang niche market dalam blog kita tercinta ini.



Dalam dunia bisnis online istilah niche market bukanlah suatu hal yang baru dan bukan pula sesuatu hal yang asing lagi bagi para pemain lama. Akan tetapi bagi para pemula mungkin masih meraba-raba apa sebenarnya niche market itu, betul sobat? Nah, pada kesempatan yang baik ini kita akan mengupas tuntas tentang rahasia dibalik niche market.



Topik ini tidak kalah menariknya dengan topik yang telah kita bahas kemarin lalu, yaitu tentang bisnis jasa. Siapapun orangnya, jika dia memahami potensi sebuah niche market dan dia berhasil menemukan niche market tersebut, lalu dia serius dalam menekuninya, maka kesuksesan benar-benar sudah berada diambang mata.



Rahasia Niche Market

Dibidang riset pasar sebetulnya saya bukanlah seorang yang ahli, akan tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu sobat online dibidang ini. Baik, marilah kita bedah rahasia dibalik niche market yang mungkin sering sobat dengar diluaran sana, akan tetapi masih belum bisa sobat fahami istilah tersebut dengan baik dan benar.



Seperti keterangan dalam paragraf pertama dari artikel ini, bahwa niche market (pasar ceruk) memiliki potensi yang sangat besar. Mengapa bisa demikian? Karena sebuah pasar ceruk, bukanlah pasar yang sudah ramai oleh para pemain bisnis. Pasar ceruk adalah sebuah pasar yang masih sepi dari pemain bisnis.



Lalu apa sih untungnya terjun dipasar yang masih sepi? Apakah tidak lebih baik jika kita terjun dipasar yang sudah ramai? Jadi lebih jelas target marketnya gitu! Nah, disinilah letak permasalahannya. Banyak sekali orang berpikir akan bisa sukses dengan mentargetkan bisnisnya pada target pasar yang sudah ramai. Memang betul bisa sukses, akan tetapi tingkat persaingan yang begitu ketat dipasar ramai haruslah menjadi perhitungan yang cukup mendasar, terkecuali bagi mereka yang sudah benar-benar ahli dibidang ini.



Contoh pasar yang sudah ramai adalah pasar bisnis. Silahkan sobat pergi ke google Indonesia sini, lalu masukkan kata kunci "bisnis" tanpa tanda petik, maka sobat akan melihat ada 279.000.000 situs yang menyediakan informasi tentang bisnis saat artikel ini saya buat. Berarti pasar bisnis di Indonesia ini sudah cukup ramai alias sudah banyak banget pemainnya.



Jika sobat pemain baru atau pemula, persaingan yang cukup ketat dalam pasar tersebut sangat tidak bagus buat sobat sendiri. Jika sobat ingin mentargetkan bisnis dalam pangsa pasar sobat, akan lebih baik jika sobat tambahkan sub kalimah dari pasar tersebut, misalkan "blog bisnis" nah, dipasar blog bisnis tingkat persaingannya pasti lebih rendah daripada pasar "bisnis." Dalam pengecekan saya ada 15.900.000 persaingan dipasar ini, jauh lebih sedikit dibanding pasar bisnis kan! Baik, mari kita lanjutkan lagi.



Atau sobat bisa tambahkan lagi menjadi "blog bisnis online" atau "belajar bisnis online" atau bisa juga "blog bisnis internet" atau "belajar bisnis internet" seperti pasar yang saya bidik dalam blog ini. Tentu tingkat persaingannya akan lebih rendah lagi. Inilah pola dasar yang perlu sobat online pahami dalam menemukan pasar ceruk atau niche market.



Akan lebih baik sobat menjadi yang pertama di SERP google dengan kata kunci niche dengan tingkat persaingan yang lebih rendah, katakanlah 15.000 kompetitor, daripada sobat memilih pasar yang sudah ramai dengan tingkat persaingan yang cukup tinggi dan sobat harus puas berada diurutan yang kesekian ratus juta dalam SERP google.



Jika sudah demikian, siapa yang mau lihat situs sobat ketika berada diurutan yang kesekian ratus juta dari hasil pencarian search engine? Ini benar-benar sangat tidak bagus untuk perkembangan bisnis sobat. Lakukan riset serius jika sobat benar-benar ingin menang dalam persaingan bisnis. Pilihlah niche market yang tepat seperti apa yang telah saya contohkan diatas.



Banyak pakar internet marketing yang merumuskan bahwa niche market itu adalah sebuah niche dengan tingkat persaingan berkisar antara 5.000 kompetitor kebawah. Saya contohkan sekali lagi, jika sobat membidik pasar "SEO" maka sobat akan bersaing dengan 851.000.000 situs. Akan tetapi jika sobat membidik pasar "belajar SEO gratis", maka tingkat persaingannya hanya 5.930.000 situs, lumayanlah jika bisa dihalaman pertama atau kedua.



Nah, inilah pasar ceruk yang bisa sobat temukan dan menangkan dalam membidik pasar dalam bisnis sobat. Sebetulnya masih banyak hal-hal yang ingin saya sampaikan kepada sobat online berkaitan dengan niche market ini, seperti "Cara Menemukan Niche Market, Tool Untuk Riset Niche Market, Cara Mengembangkan Niche Market, Pengusaha Sukses Dengan Niche Market" dan masih banyak yang lainnya.



Akan tetapi keterbatasan waktu dan saya rasa artikel ini sudah cukup panjang juga, maka dengan berat hati saya cukupkan pembahasan tentang niche market ini sampai disini dulu. Insya Allah dilain waktu dan kesempatan saya akan kupas tahap demi tahap untuk membantu sobat dalam mendalami tentang niche market. Pastikan sobat online tidak ketinggalan informasi berkaitan dengan niche market ini.



Untuk itu sering-seringlah berkunjung keblog bisnis online ini untuk mendapatkan informasi terupdate dan jangan sungkan untuk bertanya bagi sobat online yang masih belum faham dan silahkan berbagi jika sobat memiliki informasi tambahan seputar niche market dalam kolom komentar dibawah ini. Salam sukses untuk sobat online semua, terima kasih.

1 Response to "Rahasia Niche Market"

  1. Baca juga informasi Seputar Spesifikasi dan daftar harga hanphone terbaru lihat dibawai ini
    http://updatetekno1.blogspot.co.id/

    ReplyDelete