Cara Membuat Bisnis Plan

blogger templates


Belajar Bisnis - Cara Membuat Bisnis Plan


Blog Bisnis Online - Cara membuat bisnis plan paling sederhana dan terbukti efektif untuk menggulirkan bisnis menuju kesuksesan adalah sebagai berikut dalam topik yang akan kita bahas pada kesempatan ini.



Sistem dalam sebuah pembelajaran itu sangat beragam bentuknya, apalagi ini sebuah bisnis, tentu sobat online haruslah benar-benar serius. Nah, pada kesempatan kita kali ini saya akan membahas tentang cara belajar bisnis online yang benar-benar efektif untuk sobat para pemula.



Saya disini tidak akan memberikan informasi yang panjang dalam artikel blog kita kali ini, dimana sebuah artikel yang panjang hanya akan membuat sobat semakin pusing dan bingung. Saya akan coba rumuskan bagaimana cara memulai bisnis online dengan cara yang cukup sederhana, berkualitas, mudah difaham dengan baik dan benar. Sehingga sobat tidak boros diwaktu.



Okay, kita langsung mulai saja sobat, untuk memulai membangun bisnis online, sobat harus memiliki mindset yang benar. Berikutnya sobat harus memiliki impian juga. Lalu Sobat harus memiliki bisnis plan sebagai peta bisnis sobat meliputi, perencanaan, evaluasi dan target. Untuk sobat yang baru mulai tentu masih serba baru tentang istilah bisnis plan ini. Baik, saya akan kasih gambaran jelas tentang bisnis plan itu seperti apa.



Bisnis plan itu misalkan sobat akan membuat secangkir kopi, ketika sobat hendak membuat secangkir kopi, apa bayangan yang terlintas dalam pikiran sobat? Apa saja yang perlu sobat siapkan agar secangkir kopi tersebut terhidangkan dihadapan sobat? Apakah dengan sim salabim.. maka secara tiba-tiba secangkir kopi terhidangkan dihadapan sobat? Tentu tidak seperti itu bukan, hehehe . . .



Untuk membuat secangkir kopi yang perlu sobat siapkan terlebih dahulu adalah air, kopi dan gula. Adapun alat bantunya adalah kompor gas berikut elpijinya untuk memasak air tersebut. Lalu priuk untuk tempat air memasak, lalu cangkir plus tatakan untuk tempat kopinya dan sendok untuk menyeduh kopi jika telah siap untuk dihidangkan nanti.



Setelah semua bahan dasar dan alat bantunya siap, maka berikutnya sobat tinggal melaksanakan proyek pembuatan kopi tersebut. Pertama sobat nyalakan kompor gas, setelah nyala lalu ambil priuk yang sudah terisi dengan air secukupnya, berikutnya tanak air dalam priuk diatas kompor gas dan tunggu sampai air mendidih pertanda air sudah masak.



Sambil menunggu air masak sobat perlu siapkan cangkir plus tatakannya, masukkan gula dan kopi secukupnya kedalam cangkir. Setelah air masak, tuang air tersebut kedalam cangkir lalu seduh kopi plus gula dan air panas sampai merata, maka selesailah kita membuat secangkir kopi yang siap dihidangkan menemani sobat dalam melakukan aktifitas online pada malam hari ini.



Ilustrasi pembuatan kopi diatas itu sama dengan membuat bisnis plan untuk bisnis online sobat. Nah sekarang sobat sudah bisa memahaminya bukan? Sekarang saatnya sobat action.



Cara Membuat Bisnis Plan

Cara membuat bisnis plan itu sangat mudah sobat, semudah online membuat kopi, hehehe.. Ini serius sobat, betul sekali, seperti sobat membuat kopi. Pertama, silahkan sobat ambil pulpen dan kertas, buat lingkaran di tengah-tengah kertas tersebut dan beri judul sesuai dengan ide bisnis sobat, contoh "Bisnis Online" misalkan, karena bisnis online adalah sebagai proyek utama sobat, perhatikan gambar dibawah ini:


Picture Cara Membuat Bisnis Plan 1


Lalu tambahkan sub dari judul tersebut sebagai penguatnya. Artinya jika sobat hendak memulai bisnis online yang harus sobat persiapkan itu apa saja. Bisnis online dibagi menjadi 2 kategori:



1. Bidang Jasa.

2. Penjualan Produk.



Contoh ketika sobat akan memulai bisnis online dengan kategori bidang jasa misalkan, maka yang harus sobat persiapkan adalah:



1. Affiliate Marketing.

2. Produk.

3. Konsumen.

4. Alat Bantu.

5. Promosi.

6. Penghasilan.



Gambar bisnis plannya adalah seperti contoh gambar dibawah ini:


Picture Cara Membuat Bisnis Plan 2




Lalu tinggal sobat tambahkan element dari masing-masing sub judul seperti contoh gambar dibawah ini:





Picture Cara Membuat Bisnis Plan 3


Seterusnya silahkan sobat tambahkan dari waktu kewaktu, karena tidak spontanitas sobat bisa mengingat semuanya. Simpan gambar bisnis plan yang telah sobat buat dan tambahkan lagi nanti jika sobat sudah mengingatnya.



Terakhir adalah sobat praktekkan satu persatu sesuai dengan target sobat, katakanlah hari ini tugas sobat adalah mencari perusahaan affiliate yang produknya bagus menurut sobat. Besok dilanjut lagi dengan membuat target konsumen dan alat bantunya. Besoknya lagi promosi dan penghasilan dan seterusnya.



Jika bisnis online sobat berupa penjualan produk sendiri, baik itu berupa produk fisik atau digital, cara membuat bisnis plannya kurang lebih adalah sama seperti contoh diatas, tinggal sobat merubahnya sedikit sesuai dengan kebutuhan.



Okay sobat online, demikianlah cara membuat bisnis plan. Semoga informasi ini dapat membantu sobat untuk sukses dibisnis online. Salam hangat.

0 Response to "Cara Membuat Bisnis Plan"

Post a Comment