Membuat Artikel Itu Mudah

blogger templates
Tips Blogging - Membuat Artikel Itu Mudah


Blog Bisnis Online - Membuat artikel itu mudah, maka sesuai judul di atas, pada kesempatan ini saya akan berbagi bersama sobat online seputar pembuatan konten, untuk lebih spesifiknya adalah sebuah konten dalam bentuk artikel. Sumber ide itu bisa dari mana saja. Bagi sobat yang masih baru mungkin ini merupakan suatu problem tersendiri.



Saya dulu juga seperti itu sobat, bingung ketika mau membuat sebuah artikel. Pakai muter-muter dulu, browsing sana, browsing sini, kegoogle, yahoo, wikipedia, dan menjelajah dari situs satu kesitus yang lainnya hanya sekedar untuk mendapatkan ide dalam pembuatan sebuah artikel. Sobat pernah mengalami problem seperti saya? Berarti kita memiliki kisah yang sama ya sob, hehehe...



Tidak bisa di pungkiri, dalam dunia blogging ada istilah “content is the king” (konten adalah raja), bahkan ada yang menguatkan ungkapan tersebut dengan mengatakan bahwa “real content is the king”, (konten yang sebenarnya adalah raja). Dari istilah ini, kita bisa menarik satu kesimpulan bahwa sebuah konten benar-benar memiliki peranan penting dalam sebuah blog maupun website. Sobat bisa rasakan, fenomena ini menjadikan sesuatu hal yang memberatkan bagi para blogger baru yang masih belum terbiasa dalam membuat sebuah konten.



Perlu sobat pahami juga, konten itu tidak harus berupa artikel saja, tapi bisa berupa photo, audio dan video. Dalam konteks di atas, saya akan membahas tentang pembuatan konten yang berupa artikel. Ini sangat menarik sekali sobat, di mana sobat bisa berekspresi dan menuangkan kreatifitas sobat sebagai seorang blogger dalam bentuk sebuah artikel blog.



Menumbuhkan Mindset Yang Benar

Tips pertama dari saya untuk sobat dalam pembuatan sebuah artikel adalah dengan cara menumbuhkan mindset yang benar dalam diri sobat sendiri, dengan berkata “mudah”, dalam afirmasi alam bawah sadar. Biarpun secara nyata terlihat sulit, akan tetapi afirmasikan mudah terlebih dahulu, mudah dan mudah. Ini adalah faktor psikologis yang perlu sobat atasi diawal sebelum memulai jenis aktifitas apapun.



Nah, salah satu diantaranya adalah dalam pembuatan sebuah artikel, karena hal ini adalah sesuatu yang paling pokok dibandingkan dengan yang lainnya. Mengapa demikian sobat? Jika sobat menganggap pekerjaan ini sulit, itu artinya sobat sudah kalah sebelum berperang. Jangan pernah katakan sulit, katakanlah mudah, maka semua akan menjadi mudah. Tidak percaya? Silahkan sobat praktekkan dan buktikan sendiri.



Mencari Ide Untuk Artikel

Tips yang kedua adalah mencari ide untuk sebuah artikel, meliputi judul, gambar dan isi artikel. Mencari ide artikel ini juga terbilang mudah sobat. Banyak sumber ide yang bisa sobat peroleh, misalkan ketika sobat sedang menonton berita ditelevisi, membaca surat kabar, blogwalking, ngobrol sama teman, keluarga, belanja kesuper market, mengambil uang diatm dan masih banyak sumber-sumber ide yang lain, yang bisa sobat kemas dalam bentuk sebuah artikel. Tentunya topik dari sumber ide yang relevan dengan blog ataupun website sobat.



Jangan mentang-mentang sudah dapat sumber ide, akan tetapi dalam penerapannya nggak pas dengan topik blog. Misalkan saja nih ya, blog sobat membahas tentang masalah kesehatan, akan tetapi topik yang sobat angkat dalam artikel adalah tentang otomotif. Ini kan nggak pas namanya. Jika blog sobat membahas tentang kesehatan, ya setidaknya topik yang bisa sobat angkat mendekati dengan pembahasan bloglah. Satu contoh topik yang mendekati itu seperti tentang masalah olahraga. Biarpun topik ini tidak sama persis dengan pembahasan blog, minimal antara kesehatan dan olahraga ini kan masih berkaitan. Jadi sobat bisa mengkombinasikan antara masalah kesehatan dan olahraga.



Penyampaian Isi Artikel

Tips yang ketiga adalah penyampaian berita artikel. Inipun juga mudah sobatku. Dalam hal ini sobat tidak perlu menjadi karakter orang lain, karena sobat akan sulit untuk menjiwai karakter orang lain. Yang ada sobat akan mati langkah jika menggunakan karakter orang lain, betul apa betul sobatku? Pasti betul, karena pertanyaannya adalah betul apa betul, bukan betul atau tidak, hehehe... Saran saya, akan lebih pas dan tepat jika sobat menggunakan murni karakter sobat sendiri. Ini akan lebih alami, lebih real dan lebih menggali potensi terpendam yang sobat miliki sebagai seorang blogger.



Inilah ketiga faktor dasar yang perlu sobat pahami dalam membuat sebuah artikel. Jika sobat bisa pahami ketiga dasar pokok ini, maka sobat akan rasakan, ternyata membuat artikel itu bukanlah pekerjaan yang sulit, akan tetapi memang mudah, benar-benar mudah dan sangat mudah, hehehe... Intinya, dalam pembuatan artikel yang perlu sobat siapkan adalah:



1. Menumbuhkan mindset yang benar dalam diri sobat dengan mengatakan mudah, bukan sulit.

2. Ide artikel bisa dari mana saja yang penting relevan dengan topik blog.

3. Penyampaian isi atau berita artikel dengan menggunakan karakter sendiri, bukan dengan karakter orang lain.



Dan masih banyak tips – tips yang lain yang berkaitan dalam pembuatan sebuah artikel blog. Sobat bisa kembangkan lebih jauh lagi untuk menjadi yang lebih professional. Jika sobat punya pengalaman yang lain yang membuktikan bahwa membuat artikel itu mudah, maka sobat bisa berbagi dengan teman-teman yang lain dengan berkomentar pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Sampai nanti dan salam sukses buat sobat online semua.

0 Response to "Membuat Artikel Itu Mudah"

Post a Comment